UNIVERSITAS PATTIMURA

Hallo Guys Welcome to My Blog

Senin, 21 Desember 2020

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

 

 

Nama Sekolah      : SMP Islam Sabilillah Malang


Mata Pelajaran     : Matematika Kelas / Semester         : IX / Ganjil 

Materi Pokok        : PELUAN

Waktu                  : 1 x 40 Menit JP

Pertemuan           : 30

 

 

 

 

 

 

A. Tujuan Pembelajaran

 

1. Siswa dilatihkan sikap sosial berani bertanya, berpendapat, mau mendengar orang lain, bekerjasama dalam diskusi di kelompok sehingga terbiasa Berani bertanya, berpendapat, mau mendengar orang lain, bekerjasama dalam aktivitas sehari-hari.

2. Siswa dilatihkan bersikap logis, kritis,  konsisten, dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah

3. Siswa dilatihkan bersikap terbuka, santun, obyektif, menghargai pendapat dan karya teman dalam interaksi kelompok maupun aktifitas sehari – hari.

4. Dengan berdiskusi siswa dapat menjelaskan peluang secara sederhana melalui percobaan.

5. Dengan berdiskusi siswa dapat menentukan peluang suatu kejadian.

 

 

 

B. Kompetensi Dasar

 

        Menentukan peluang suatu kejadian sederhana secara empirik dan teoritik

 

 

C. Indikator Pencapaian Kompetensi:

 

     Menunjukkan sikap terbuka, santun, obyektif, menghargai pendapat dan karya teman dalam interaksi kelompok maupun aktivitas sehari – hari.

        Menjelaskan peluang secara sedehana melalui percobaan.

        Menentukan peluang suatu kejadian

 

 

D. Materi Pembelajaran

        Ruang Sampel

        Pengertian Peluang

        Peluang Kejadian

 

 

 

E. Metode Pembelajaran

Tanya-jawab, demontrasi, diskusi kelompok

 

F. Media Pembelajaran

 

Mata uang logam, biji dadu, kartu brigde dan kelereng.


 

 

G. Sumber Belajar

Sugijono, Cholik. 2004. Matematika SMP Kelas IX, Jakarta: Penerbit Erlangga

 

Asyono, 2005. Matematika Kelas IX SMP & MTs, Jakarta: Penerbit Erlangga

Sujatmiko, Ponco. 2005. Matematika Kreatif 3 Konsep dan Terapannya, Solo: Penerbit Tiga

Serangkai

Sugijono, Cholik. 2005. Matematika SMP/MTs Kelas IX, Jakarta: Penerbit Erlangga Kurniawan. 2006. Evaluasi Mandiri Matematika SMP untuk Kelas IX. Jakarta: Erlangga Adinawan, Cholik dan Sugijono. 2006. Seribu pena Matematika SMP untuk Kelas IX. Jakarta: Erlangga.

 

 

 

H. Langkah-langkah Pembelajaran

 

 

 

Kegiatan

 

Deskripsi Kegiatan Siswa

Deskripsi Bentuk

Bantuan Guru

 

Waktu

Pendahuluan

1.   Menjawab sapaan Guru dan

berdoa mengawali belajar;

 

2.   Mmengingat kembali materi sebelumnya sebagai materi prasyarat yaitu titik sampel dan ruang sampel

 

3.   Mendengarkan guru mengkomunikasikan tujuan pembelajaran

 

4.   Mendengarkan penjelasan guru tentang alur pembelajaran yang akan  digunakan.

 

5.   Membentuk kelompok heterogen

@ 5 orang

Menyapa siswa dengan salam

dilanjutkan doa.

 

 

 

 

Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran

 

Menginformasikan  cara belajar yang akan ditempuh dengan kelompok.

15 menit

Inti

 

 

 

 

Mengamati

 

 

 

 

 

 

 

 

Menanya

 

1.    Siswa mengamati demonstrasi yang dilakukan guru pada pelemparan sebuah dadu dan sebuah mata uang.

 

2.    Sebutkan ruang sampel dari sebuah dadu jika dilambungkan ke atas!

 

3.    Sebutkan ruang sampel dari sebuah mata uang jika dilambungkan ke atas!

 

4.    Berapa banyaknya anggota ruang sampel dari sebuah dadu jika di lambungkan ke atas?

 

 

 

5.    Berapa banyaknya anggota ruang sampel dari sebuah mata

 

 

Mengingatkan  ruang sampel Mengingatkan titik sampel Membagikan LK

 

 

 

 

 

 

Menjelaskan bahwa peluang suatu kejadian adalah hasil bagi banyak titik sampel dalam A dengan banyak anggota ruang sampel suatu pecobaan.

 

 

10 menit


 

 

 

Kegiatan

 

Deskripsi Kegiatan Siswa

Deskripsi Bentuk

Bantuan Guru

 

Waktu

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mencoba

 

 

 

 

 

 

Menalar

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Membentuk jejaring

uang jika dilambungkan ke atas?

6.    Pada pelemparan sebuah dadu, berapa peluang munculnya angka lebih kecil dari 7?

7.    Pada pelemparan sebuah mata uang, berapa peluang munculnya

sisi angka?

8.    Pada pelemparan sebuah mata uang, berapa peluang munculnya

sisi gambar?

9.    Pada pelemparan sebuah dadu, berapa peluang munculnya mata

dadu bermata genap?

 

10.  .Berdiskusi dengan kelompoknya masing masing untuk mengerjakan LK dengan tema konsep peluang.

 

 

11.  Siswa  berdiskusi menentukan nilai peluang suatu kejadian dari soal- soal yang ada di LK.

12.  .Siswa menyimpulkan dari hasil diskusi dalam kelompoknya.

 

 

 

 

13.  .Salah satu siswa mendemontrasikan hasil

 

diskusinya pada kelas;

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengamati siswa berdikusi pada masing masing kelompok.

30 menit

Penutup

1.   Siswa  dan  guru  merangkum  isi

pembelajaran      yaitu      tentang konsep peluang.

 

2.   Mengerjakan uji kompetensi

Guru  memandu  merangkum

isis pembelajaran hari ini menginformasikan garis besar isi kegiatan pada pertemuan berikutnya, yaitu komplemen kejadian

 

 

25 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

http://m2suidhat.blogspot.com/                                                                                                                            3


 

 

A. Penilaian Pertemuan Ke-3

 

1. Prosedur Penilaian:

 

No

Aspek yang dinilai

Teknik Penilaian

Waktu Penilaian

1

Berani bertanya,

Pengamatan

Kegiatan inti nomor 1, sd. 13,

2

Berpendapat

Pengamatan

Kegiatan inti nomor 1 sd. 13

3

Mau mendengar orang lain

Pengamatan

Kegiatan inti nomor 1 sd. 13

4

Bekerjasama

Pengamatan

Kegiatan inti nomor 1 sd. 13

5

TP 3.10.1

Tes Tertulis

Kegiatan penutup nomor 2

 

 

Instrumen Pengamatan sikap:

 

Aspek  sikap Sosial yang diamati

Tally

Frekuensi

Skor

 

 

 

 

mengemukakan ide/pendapat

Pada saat diskusi kelompok/kelas siswa

mengemukakan pendapatnya

 

 

 

bertanya

Pada saat diskusi kelompok/kelas siswa

bertanya pada teman atau guru

 

 

 

Mendengar

Pada saat diskusi kelompok/kelas siswa

mendengarkan dan memperhatikan jika orang lain berbicara

 

 

 

kerja sama

Siswa senantiasa bekerja sama dengan

anggota kelompok siswa yang lain

 

 

 

Total skor

 

 

 

 

 

Rubrik penskoran

Skor 0 tidak melakukan sama sekali aspek yang diamati

Skor 1 melakulan aspek yang diamati 1 kali Skor 2 melakulan aspek yang diamati 2 kali Skor 3 melakulan aspek yang diamati 3 kali

Skor 4 melakulan aspek yang diamati lebih dari 3 kali

 

 

 

 

 

Klasifikasi sikap yang diamati


 

 

2. Instrumen penilaian 5:

 

Tes Uraian (Waktu: maksimal 20 menit)

 

 

 

Petunjuk:

 

1.   Kerjakan soal berikut secara individu, tidak boleh menyontek dan tidak boleh bekerjasama!

2.   Kerjakan dengan  sungguh – sungguh dan penuh ketelitian. Soal :

 

 

1.Pada pelemparan sebuah dadu, tentukan peluang :

a. munculnya angka lebih kecil dari 7.

b. munculnya mata dadu bermata genap.

 

2.Tiga mata uang logam ditos sama-sama tentukan peluang :

a.   Muncul tiga gambar b.  Muncul dua angka

 

Rubrik Penilaian Soal 1

 

 

No

Alternatif

penyelesaian

Aspek yang dimunculkan

Skor

1

 

Tidak mengerjakan sama sekali

0

 

2

 

Berhasil menentukan ruang sampel

1

 

3

 

Berhasil menentukan titik sampel

2

 

4

 

Berhasil menentukan peluang suatu kejadian

3

 

 

 

Rubrik Penilaian Soal 2

 

No

Alternatif

penyelesaian

Aspek yang dimunculkan

Skor

 

1

 

Tidak mengejakan sama sekali

0

 

2

 

Berhasil menentukan ruang sampel

1

 

3

 

Berhasil menentukan titik sampel

2

 

4

 

Berhasil menentukan peluang suatu kejadian jika tiga

mata uang ditos bersama-sama

3


 


Lembar Kerja

 

Mathematic: 01 / VIII / III / 8 / 2013


NAME / CLASS   : ..………. / …….

 

 

 

 

 

 

Sek

 
DAY / DATE         : ………. / ………...



Islamic Junior High School of Sabilillah Malang


olah Menengah Pertama Islam Sistem Full Day School


 

 

 

A.

 

 

Judul LKS                       :

 

 

Menentukan nilai peluang suatu kejadian

B.

Mata Pelajaran               :

Matematika

C.

Kelas / Semester             :

IX / Ganjil

D.

Alokasi Waktu                :

30 menit

 

E.  Kompetensi Dasar

        Menentukan peluang suatu kejadian sederhana secara empirik dan teoritik

 

 

F.  Indikator Pencapaian Kompetensi

     Menunjukkan sikap terbuka, santun, obyektif, menghargai pendapat dan karya teman dalam interaksi kelompok maupun aktivitas sehari – hari.

        Menjelaskan peluang secara sedehana melalui percobaan.

        Menentukan peluang suatu kejadian

 

 

G. Petunjuk Belajar

Sebelum mengerjakan masalah berikut sebaiknya kamu diskusikan dengan temun kelompok

untuk menentukan peluang suatu kejadian.

 

H. Informasi

Peluang suatu kejadian A adalah hasil bagi banyak titik sampel dalam A dengan banyak

anggota ruang sampel suatu percobaan dirumuskan

 

 

P(A) =

 

 

(A)     : banyak titik sampel kejadian A

N(S)   : banyak ruang sampel dari suatu percobaan.

 

I.   Tugas – tugas

 

a. Sebuah dadu dan sebuah mata uang logam dittos bersama-sama tentukan peluang :

 

a. Pada dadu muncul mata 3

b. Pada dadu muncul bukan mata 3

 

b. Tiga mata uang logam dittos sama-sama tentukan peluang :

a. Muncul tiga gambar b. Muncul dua angka

 

c. Dua dadu dittos bersama-sama, tentukan titik sampel dari kendaraan berikut ini !

a. Muncul dadu pertama bermata 4 dan dadu kedua bermata 3 b. Muncul dadu berjumlah 10

c. Muncul dadu pertama bermata 3




Tidak ada komentar:

Posting Komentar