SILABUS SMA/MA
Mata
Pelajaran : Matematika Wajib
Kelas
: XII
Kompetensi
Inti
KI 1: Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotongroyong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusiatas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial
dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3: Memahami,
menerapkan,menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni,budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural
pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan
bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4: Mengolah,
menalar, menyaji, dan
mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri serta bertindak secara efektif
dan kreatif, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan.
Kompetensi
Dasar |
Materi Pokok |
Pembelajaran |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
|
2.1
Menghayati perilaku
disiplin, sikap kerjasama, sikap kritis dan cermat dalam bekerja
menyelesaikan masalah kontekstual 2.2
Memiliki dan menunjukkan rasa ingin tahu,
motivasi internal, rasa senang dan tertarik dan percaya diri dalam melakukan
kegiatan belajar ataupun memecahkan masalah nyata. |
Matriks . |
Mengamati Membaca
dari berbagai sumber untuk mencari beberapa persamaan linear dan mempelajari
langkah mendapatkan himpunan penyelesaiannya. Menanya · Berdiskusi membahas
beberapa persamaan linear dan
cara penyelesaiannya · Menyatakan persamaan linear tersebut sebagai operasi
perkalian matriks Mengeksplorasikan · Mengelompokkan persamaan linear berdasarkan grafik
(berpotongan, sejajar atau berhimpit) · Menentukan invers dari matriks yang elemennya merupakan
koefisien dari persamaan linear Mengasosiasikan Menganalisis
grafik persamaan linear dan mengelompokkan berdasarkan nilai determinan
matriks koefisien persamaan linear. Mengomunikasikan · Menjelaskan cara penyelesaian persamaan linear menggunakan
invers matriks · Menjelaskan cara mengidentifikasi persamaan linear (berpotongan, sejajar
atau berhimpit) menggunakan nilai determinan matriks dari koefisien
persamaan linear. |
Tugas Mencari
persamaan linear dalam kehidupan sehari-hari, kemudian dibuat persamaan dalam
bentuk matriks Observasi Menentukan
nilai determinan dari persamaan tersebut kemudian menentukan penyelesaiannya Portofolio Persamaan
linear dari masalah sehari-hari, persamaan matriks dan nilai
determinan serta penyelesaian persamaan tersebut Tes Tes
tertulis berbentuk uraian |
4 x 4 jam pelajaran |
· Buku Matematika kelas XII. · Buku referensi dan artikel yang sesuai. |
|
3.1 Menganalisis konsep, nilai determinan dan sifat operasi
matriks serta menerapkannya dalam menentukan invers matriks dan dalam
memecahkan masalah. |
|
|||||
4.1 Menyajikan
dan menyelesaikan model matematika dalam bentuk persamaan matriks dari suatu
masalah nyata yang berkaitan dengan persamaan linear . |
|
|||||
2.1
Menghayati perilaku
disiplin, sikap kerjasama, sikap kritis dan cermat dalam bekerja
menyelesaikan masalah kontekstual 2.2
Memiliki dan menunjukkan rasa ingin tahu,
motivasi internal, rasa senang dan tertarik dan percaya diri dalam melakukan
kegiatan belajar ataupun memecahkan masalah nyata. |
Barisan tak hingga |
Mengamati Membaca
dari berbagai buku atau sumber lain untuk memperoleh beberapa contoh barisan
tak hingga. Menanya Melalui
diskusi kelompok membuat pertanyaan yang muncul dari barisan tak hingga
misalnya suku pertama, serta rasio dari setiap barisan tak hingga. Mengeksplorasikan Menentukan
ciri yang menonjol pada barisan tak hingga. Mengasosiasikan Menyimpulkan
hubungan antara beberapa permasalahan sehari-hari
dengan barisan atau deret tak hingga Mengomunikasikan Menjelaskan
penerapan barisan atau deret pada
permasalah sehari-hari |
Tugas Mencari
barisan tak hingga dalam kehidupan sehari-hari Observasi Menggunakan
konsep barisan tak hingga untuk menyelesaikan masalah sehari-hari Portofolio Menyusun
hasil pencarian barisan tak hingga dalam kehidupan sehari-hari serta
penyelesaiannya. Tes Tes
tertulis bentuk uraian. |
3 x 4 jam pejajaran |
· Buku Matematika kelas XII. · Buku referensi dan artikel yang sesuai. |
|
3.2 Memahami konsep
barisan tak hingga sebagai fungsi dengan daerah asal himpunan bilangan asli
dan menerapkannya dalam menyelesaikan berbagai masalah. |
||||||
2.1
Menghayati perilaku
disiplin, sikap kerjasama, sikap kritis dan cermat dalam bekerja
menyelesaikan masalah kontekstual 2.2 Memiliki dan
menunjukkan rasa ingin tahu, motivasi internal, rasa senang dan tertarik dan
percaya diri dalam melakukan kegiatan belajar ataupun memecahkan masalah
nyata. |
Bunga, Pertumbuhan, dan Peluruhan . |
Mengamati Membaca
dari berbagai sumber untuk memeperoleh informasi tentang perhitungan bunga,
perhitungan pertumbuhan jumlah penduduk atau peluruhan pada mata pelajaran
lain Menanya Mendiskusikan
perhitungan bunga, pertumbuhan atau peluruhan. Membuat pertanyaan dari
masalah tersebut dipandang dari konsep barisan dan deret Mengeksplorasikan Menyelesaikan
permasalahan yang berkaitan dengan bunga, pertumbuhan dan
peluruhan Mengasosiasikan Mengklasifikasi atau membuat
kategori maslah bunga, pertumbuhan, peluruhan Mengomunikasikan · Menjelaskan
atau menyusun perbedaan perbedaan bunga tunggal, bunga majemuk · Menjelaskan
penerapan pertumbuhan atau peluruhan pada masalah sehari-hari
ataupun pada mata pelajaran lain |
Tugas Mencari
permasalah bunga majemuk, pertumbuhan penduduk dan peluruhan atau penurunan
nilai suatu barang Observasi Menggunakan
konsep barisan dan deret untuk menyelesaikan masalah sehari-hari Portofolio Merangkum
permasalahan bunga, pertumbuhan atau peluruhan serta penyelesaian masalah
dalam kehidupan sehari-hari Tes Tes
tertulis bentuk uraian |
5 x 4 jam pelajaran |
· Buku Matematika kelas XII. · Buku referensi dan artikel yang sesuai. |
|
3.3 Memahami dan menerapkan konsep barisan dan deret pada
konteks dunia nyata seperti bunga, pertumbuhan, dan peluruhan. |
||||||
4.2 Mengidentifikasi, menyajikan model matematika dan
menyelesaikan masalah keseharian yang berkaitan dengan barisan dan deret aritmetika,
geometri dan yang lainnya 4.3 Menerapkan konsep dan menemukan pola barisan dan deret dan
menerapkannya dalam menyelesaikan masalah nyata terkait perhitungan bunga
majemuk, pertumbuhan dan peluruhan |
||||||
2.1
Menghayati perilaku
disiplin, sikap kerjasama, sikap kritis dan cermat dalam bekerja
menyelesaikan masalah kontekstual 2.2
Memiliki dan menunjukkan rasa ingin tahu,
motivasi internal, rasa senang dan tertarik dan percaya diri dalam melakukan
kegiatan belajar ataupun memecahkan masalah nyata. |
i.
ii.
iii.
iv.
v.
vi.
vii.
viii.
ix.
x.
xi.
xii.
Induksi matematika |
Mengamati Membaca
dari berbagai sumber untuk memeperoleh informasi tentang prinsip induksi
matematika Menanya Mendiskusikan
langkah yang harus dilakukan dalam pembuktian dengan metode induksi
matematika Mengeksplorasikan Menentukan
bentuk permaslahan barisan yang dapat dibuktikan melalui induksi matematika Mengasosiasikan Menentukan langkah-langkah
serta menganalisis pengetahuan yang dibutuhkan dalam induksi matematika Mengomunikasikan Menjelaskan pembuktian rumus
jumlah persegi dan kubik dengan induksi matematika |
Tugas Mencari
contoh pembuktian melalui induksi Observasi Mempelajari
dan mengamati pembuktian suatu bentuk rumus dengan induksi matematika Portofolio Merangkum
langkah- langkah yang diperlukan dalam pembuktian dengan metode induksi matematika Tes Tes
tertulis bentuk uraian |
4 x 4 jam pelajaran |
· Buku Matematika kelas XII. · Buku referensi dan artikel yang sesuai. |
|
3.4 Memahami prinsip induksi matematika dan menerapkannya
dalam membuktikan rumus jumlah deret
persegi dan kubik |
||||||
2.1
Menghayati perilaku
disiplin, sikap kerjasama, sikap kritis dan cermat dalam bekerja
menyelesaikan masalah kontekstual 2.2
Memiliki dan menunjukkan rasa ingin tahu, motivasi
internal, rasa senang dan tertarik dan percaya diri dalam melakukan kegiatan
belajar ataupun memecahkan masalah nyata. |
Diagonal ruang, Diagonal bidang, Bidang
diagonal |
Mengamati Membaca
dari berbagai sumber untuk memeperoleh informasi tentang diagonal ruang, diagonal
bidang dan bidang diagonal Menanya Mendiskusikan
sifat dan konsep diagonal ruang, diagonal bidang dan bidang diagonal Mengeksplorasikan Menentukan
banyaknya diagonal ruang,diagonal bidang dan bidang diagonal bangun-bangun ruang dimensi tiga Mengasosiasikan Menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat pada diagonal
ruang, diagonal bidang dan bidang diagonal serta masalah yang berkaitan dengan diagonal ruang, diagonal bidang dan
bidang diagonal Mengomunikasikan Menyampaikan konsep dan
sifat diagonal ruang, diagonal bidang dan bidang diagonal, serta cara menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan diagonal
ruang, diagonal bidang dan bidang diagonal |
Tugas Membuat
beberapa model bangun ruang Observasi Mengambar
atau menentukan diagonal ruang, diagonal bidang dan bidang diagonal pada
bagun ruang dmensi tiga Portofolio Merangkum
sifat diagonal ruang, diagonal bidang dan bidang diagonal suatu bangunruang
dimensti tiga Tes Tes
tertulis bentuk uraian |
6 x 4 jam pelajaran |
· Buku Matematika kelas XII. · Buku referensi dan artikel yang sesuai. |
|
3.5 Menganalisis konsep dan sifat diagonal ruang,diagonal
bidang, dan bidang diagonal dalam bangun ruang dimensi tiga serta
menerapkannya dalam memecahkan |
|
|||||
4.4 Menggunakan berbagai prinsip konsep dan sifat diagonal
ruang, diagonal bidang, dan bidang diagonal dalam bangun ruang dimensi tiga
serta menerapkannya dalam memecahkan. |
|
|||||
2.1
Menghayati perilaku
disiplin, sikap kerjasama, sikap kritis dan cermat dalam bekerja
menyelesaikan masalah kontekstual 2.2
Memiliki dan menunjukkan rasa ingin tahu,
motivasi internal, rasa senang dan tertarik dan percaya diri dalam melakukan
kegiatan belajar ataupun memecahkan masalah nyata.. |
Konsep
jumlah Riemann |
Mengamati · Membaca dari berbagai sumber untuk memperoleh informasi
tentang konsep jumlah Rieman. · Mencari informasi tentang fungsi non-negatif. Menanya Mendiskusikan
atau membuat pertanyaan tentang fungsi non-negatif, konsep integrabel (dapat diintegralkan), dan prinsip
jumlah Rieman. Mengeksplorasikan Menentukan
grafk fungsi non-negative
dalam interval tertentu dan dan membagi dalam beberapa bagian yang sama Mengasosiasikan Menganalisis konsep
jumlah Riemann dan menerapkan pada suatu
grafik fungsi nonnegatif Mengomunikasikan Menyampaikan konsep
jumlah Rieman dan menerapkan konsep tersebut pada grafik suatu fungsi non-negatif serta menggnakan aturan integral
tentu pada grafik tersebut |
Tugas Mencari
beberapa fungsi non-negatif
lalu membuat grafiknya Observasi Membagi
grafik fungsi non-negatif
interval tetentu menjadi beberapa bagian yang sama Portofolio Menyusun
grafik fungsi non-negatif,
kemudian membagi dalam beberapa bagian yang sama lalu menerapkan kionsep
jumlah Rieman dan menerapkan aturan integral tentu Tes Tes
tertulis bentuk uraian |
5 x 4 jam pelajaran |
· Buku Matematika kelas XII. · Buku referensi dan artikel yang sesuai. |
|
3.6 Memahami konsep jumlah Rieman dan integral tentu suatu
fungsi dengan menggunakan fungsifungsi sederhana non-negatif |
|
|||||
4.5 Mengolah data dan membuat model fungsi sederhana non
negatif dari nyata serta menginterpretasikan
masalah dalam gambar dan menyelesaikan masalah dengan mengunakan konsep dan
aturan integral tentu |
|
|||||
2.1
Menghayati perilaku
disiplin, sikap kerjasama, sikap kritis dan cermat dalam bekerja
menyelesaikan masalah kontekstual 2.2
Memiliki dan menunjukkan rasa ingin tahu,
motivasi internal, rasa senang dan tertarik dan percaya diri dalam melakukan
kegiatan belajar ataupun memecahkan masalah nyata. |
Teorema
Fundamental Kalkulus. |
Mengamati Membaca
dari berbagai sumber untuk memperoleh informasi tentang Teorema fundamental
kalkulus. Menanya Mendiskusikan
atau membuat pertanyaan tentang teorema dasar kalkulus Mengeksplorasikan Menentukan
perbedaan integral tentu dan tak tentu pada suatu fungsi sederhana Mengasosiasikan Menganalisis konsep
teorema fundamental kalkulus dalam integral tentu fungsi sederhana dan
menentukan hubungan antara integral dalam integral tentu maupun integral tak
tentu Mengomunikasikan Menyampaikan konsep atau
pengertian teprema fundamental kalkulus, kemudian menngunakan teorema
tersebut dalam pemecahan masalah |
Tugas Mencari
beberapa fungsi sederhana Observasi Menyelidiki
kontinuitas fungsi sederhana dalam interval tertentu lalu menyelesaikan
dengan teorema fundamental kalkukus Portofolio Menyusun
fungsi sederha, kemudian menentukan kontinuitas fungsi pada interval tetentu
serta menggunakan teorema fundamental kalkulus pada interval tersebut. Tes Tes
tertulis bentuk uraian |
5 x 4 jam pelajaran |
· Buku Matematika kelas XII. · Buku referensi dan artikel yang sesuai. |
|
3.7 Menggunakan Teorema Fundamental Kalkulus untuk menemukan
hubungan antara integral dalam integral tentu dan dalam integral tak tentu |
||||||
4.6 Mengajukan masalah nyata dan mengidentifikasi sifat
fundamental kalkulus dalam integral tentu fungsi sederhana serta
menerapkannya dalam pemecahan masalah. . |
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar