RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMP Negeri 2 Syamtalira Bayu
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VII/1
Materi Pokok : Himpunan
Alokasi Waktu : 23 x
40’ (9
pertemuan)
A. Kompetensi Inti
KI- 1 :
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI- 2 :
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya.
KI- 3 :
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI- 4 :
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
3.4 Menjelaskan himpunan, himpunan
bagian, himpunan semesta, himpunan kosong, komplemen himpunan, dan melakukan
operasi biner pada himpunan menggunakan masalah kontekstual. |
3.4.1
Menjelaskan
pengertian himpunan.
3.4.2
Menentukan
suatu kumpulan yang termasuk himpunan.
3.4.3
Menentukan
suatu kumpulan yang termasuk bukan himpunan.
3.4.4
Menentukan
berbagai cara menyatakan himpunan.
3.4.5
Menyatakan
himpunan kosong.
3.4.6
Menyatakan
himpunan semesta yang mungkin dari suatu himpunan.
3.4.7
Menggambarkan
bentuk diagram venn apabila diketahui kedua anggota himpunan dan himpunan
semestanya.
3.4.8
Menentukan
semesta dari diagram venn.
3.4.9
Menjelaskan
sifat-sifat himpunan (kardinalitas himpunan, himpunan kuasa dan himpunan
bagian).
3.4.10 Menentukan sifat-sifat himpunan (kardinalitas himpunan, himpunan
kuasa dan himpunan bagian).
3.4.11 Menjelaskan berbagai operasi himpunan seperti irisan, gabungan,
komplemen.
3.4.12 Menentukan irisan, gabungan dan komplemen dari suatu himpunan.
3.4.13 Menjelaskan sifat-sifat operasi himpunan. |
4.4 Menyelesaikan masalah
kontekstual yang berkaitan dengan himpunan bagian, himpunan semesta, himpunan
kosong, komplemen himpunan. |
4.4.1
Membuat
contoh-contoh kumpulan yang merupakan suatu himpunan dan bukan himpunan. 4.4.2
Menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan himpunan kosong dan semesta. 4.4.3
Menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan diagram venn. 4.4.4
Menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan sifat-sifat himpunan. 4.4.5
Menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan operasi himpunan. 4.4.6
Menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan sifat-sifat operasi himpunan. |
C.
Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan 1:
Setelah
mengikuti proses pembelajaran melalui simulasi, diskusi
dan tanya jawab peserta didik dapat:
1. Menjelaskan pengertian himpunan
2. Menentukan suatu kumpulan yang termasuk himpunan
3.
Menentukan
suatu kumpulan yang termasuk bukan himpunan.
4.
Membuat
contoh-contoh kumpulan yang merupakan suatu himpunan dan bukan himpunan.
5.
Menentukan
berbagai cara menyatakan himpunan
Pertemuan 2:
Setelah
mengikuti proses pembelajaran melalui simulasi,diskusi dan tanya jawab peserta
didik dapat:
1.
Menyatakan
himpunan kosong.
2.
Menyatakan
himpunan semesta yang mungkin dari suatu himpunan.
3.
Menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan himpunan kosong dan semesta.
4. Menggambarkan bentuk diagram venn apabila diketahui kedua anggota
himpunan dan himpunan semestanya.bar diagram venn
5. Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan diagram
venn.
Pertemuan 3:
Setelah mengikuti
proses pembelajaran melalui simulasi,diskusi dan tanya jawab peserta didik
dapat:
1.
Menjelaskan
sifat-sifat himpunan (kardinalitas himpunan dan himpunan bagian).
2.
Menentukan
sifat-sifat himpunan (kardinalitas himpunan dan himpunan bagian).
3.
Menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan sifat-sifat himpunan.
Pertemuan 4:
Setelah
mengikuti proses pembelajaran melalui simulasi,diskusi dan tanya jawab peserta
didik dapat:
1.
Menjelaskan
sifat-sifat himpunan (himpunan kuasa).
2.
Menentukan
sifat-sifat himpunan (himpunan kuasa).
3. Menentukan kesamaan kedua himpunan
4.
Menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan sifat-sifat himpunan.
Pertemuan 5:
Setelah
mengikuti proses pembelajaran melalui simulasi,diskusi dan tanya jawab peserta
didik dapat:
1.
Menjelaskan
berbagai operasi himpunan seperti irisan
2. Menentukan irisan dari suatu himpunan.
3.
Menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan operasi himpunan.
Pertemuan 6:
Setelah
mengikuti proses pembelajaran melalui simulasi,diskusi dan tanya jawab peserta
didik dapat:
1.
Menjelaskan
berbagai operasi himpunan seperti gabungan
2.
Menentukan
gabungan dari suatu himpunan.
3.
Menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan operasi himpunan.
Pertemuan 7:
Setelah
mengikuti proses pembelajaran melalui simulasi,diskusi dan tanya jawab peserta
didik dapat:
1.
Menjelaskan
berbagai operasi himpunan seperti selisih.
2.
Menentukan
selisih dari suatu himpunan.
3.
Menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan operasi himpunan.
Pertemuan 8:
Setelah
mengikuti proses pembelajaran melalui simulasi,diskusi dan tanya jawab peserta
didik dapat:
1.
Menjelaskan
berbagai operasi himpunan seperti komplemen.
2.
Menentukan
komplemen dari suatu himpunan.
3.
Menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan operasi himpunan.
4.
Menjelaskan
sifat-sifat operasi himpunan.
5.
Menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan operasi himpunan.
Pertemuan 9:
Setelah
mengikuti proses pembelajaran melalui simulasi,diskusi dan tanya jawab peserta
didik dapat:
1. Evaluasi
D.
Materi
Pembelajaran
1.
Materi
Pembelajaran Reguler
a. Himpunan dan bukan himpunan
b. Menyatakan himpunan
c. Himpunan kosong
d. Himpunan semesta
e. Diagram venn
f. Sifat-sifat operasi (kardinalitas himpunan,
himpunan kuasa dan himpunan bagian)
g. Operasi himpunan (irisan, gabungan, selisih
dan komplemen)
h. Sifat-sifat operasi himpunan
2.
Materi
Pembelajaran Pengayaan
a. Diagram venn
b. Operasi himpunan
3.
Materi
Pembelajaranp Remedial
a. Himpunan dan bukan himpunan
b. Menyatakan himpunan
c. Sifat-sifat operasi (kardinalitas himpunan,
himpunan kuasa dan himpunan bagian)
E.
Metode
Pembelajaran
Pertemuan 1-8 : Pendekatan saintifik
Pertemuan 9 : Evaluasi
F.
Media
dan Bahan
1. Media : Gambar
2. Bahan : Benda-benda di dalam kelas yang di
dalamnya terdapat bilangan seperti
struktur kepengurusan, iventaris kelas, dan nomor absen siswa.
G.
Sumber
Belajar
Sumber
Belajar : Buku pegangan guru, buku pegangan peserta
didik, lingkungan kelas/sekolah/kantin sekolah, dan internet
Abdul
Rahman As’ari, Mohammad Tohir dkk. 2016. Buku Guru Matematika SMP/MTs Kelas 7. (Jakarta: kementrian pendidikan dan kebudayaan).
Abdul
Rahman As’ari, Mohammad Tohir dkk. 2016. Buku Siswa Matematika SMP/MTs Kelas
7. (Jakarta: kementrian pendidikan dan kebudayaan).
H. Langkah-Langka Pembelajaran
Pertemuan
1 (Pertama) (3 Jam
Pelajaran/120 menit) |
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi
waktu |
Pendahuluan |
1.
Peserta
didik melakukan do’a sebelum belajar (meminta seorang peserta didik untuk
memimpin do’a) 2.
Guru
mengecek kehadiran peserta didik dan meminta peserta didik untuk
mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan 3.
Dengan
tanya jawab, guru mengecek pemahaman peserta didik tentang materi himpunan dan bukan himpunan
dengan mengamati foto yang ada di sekitar kita . Contoh pertanyaan :
‘sebutkan anggota himpunan yang ada pada foto berikut”
Himpunan buah-buahan 4.
Guru
memotivasi peserta didik dengan menyampaikan bahwa materi konsep himpunan &
penyajian himpunan sangat penting dalam kehidupan sehari-hari dan menjadi
prasyarat untuk mempelajari materi berikutnya. 5.
Guru
menyampaikan indikator pencapaian kompetensi dan tujuan pembelajaran. |
10 menit |
Inti |
1. Guru menyampaikan rencana kegiatan yang akan dilakukan peserta
didik hari ini, yaitu peserta didik akan bekerja secara berkelompok yang
terdiri dari 4 – 5 siswa. Langkah 1. Mengamati 2.
Peserta didik mengamati gambar 3.
Peserta didik mengamati penyajian himpunan dengan 3 cara dan memberikan
contoh-contoh. 4.
guru memberi penjelasan mengenai penyajian himpunan dengan 3 cara 5.
Jika perlu minta siswa untuk memberikan contoh satu
himpunan yang disajikan dengan 3 cara yang berbeda,misalnya himpunan A adalah
himpunan bilangan bulat kurang dari 5 Langkah 2. Menanya 6. Peserta didik didorong untuk mengajukan pertanyaan berdasarkan
pengamatan pada gambar yang berkaitan dengan fakta –fakta peserta Piala Dunia
2014 tersebut. 7.
guru
memberikan pertanyaan-pertanyaan mengenai himpunan atau bukan himpunan
dan menyatakan himpunan dengan menggunakan 3 cara. 8.
Berilah motivasi, pancingan
pertanyaan, contoh pertanyaan, dan cara lain agar mampu membuat pertanyaan
tentang penyajian himpunan. 9. Jawablah
pertanyaan yang terkait erat dengan penyajian himpunan. yang mampu membuat Langkah 3. Mengumpulkan
data 10.
Peserta
didik secara berpasangan menyelesaikan lembar kerja yang diberikan oleh guru. 11.
Guru membimbing siswa untuk mengerjakan lembar kerja. 12.
Guru membimbing siswa untuk mencari sumber informasi dari buku paket,
buku LKS Langkah 4. Menalar 13. Peserta didik menyimpulkan pengertian himpunan dan bukan himpunan 14. Minta siswa
menalar dengan mandiri atau dapat berdiskusi 15.
Guru membimbing siswa untuk bernalar. 16.
guru memberikan pertanyaan-pertanyaan yang mencing
siswa untuk berpikir mengenai himpunan dan menyatakan himpunan dengan
menggunakan 3 cara. Langkah 5.
Mengkomunikasi 17. Salah satu peserta didik mempresentasikan hasil diskusi /
pekerjaannya. 18. Peserta didik yang lain memberikan tanggapan atas presentasi yang
disajikan, meliputi : bertanya, mengkonfirmasi, melengkapi informasi ataupun
tanggapan lainnya 19. Guru memberi umpan
balik atau konfirmasi. |
90 menit |
Penutup |
1.
Peserta didik
menyimpulkan materi yang
telah dipelajari dengan merespon
pertanyaan guru yang sifatnya menuntun dan menggali 2.
Peserta
didik merefleksi penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat
catatan penguasaan materi. 3.
Peserta didik
saling memberikan umpan
balik hasil refleksi yang
dilakukan 4.
Guru memberikan
tugas mandiri sebagai
pelatihan keterampilan dalam menyelesaikan masalah matematika yang
berkaitan dengan menentukan himpunan dan bukan himpunan serta
menyajikan himpunan. 5.
Melaksanakan postes
terkait tentang menentukan himpunan dan bukan himpunan serta
menyajikan himpunan. 6.
Peserta
didik mendengarkan arahan guru untuk materi pada pertemuan berikutnya 7.
Guru
memberikan tugas |
20 menit |
Penugasan: 1. Sebutkan contoh himpunan dan bukan
himpunan masing-masing 3? 2. Himpunan A = {bilangan cacah
kurang dari 5}, jika disajikan dengan menyebutkan anggotanya maka A =
{0, 1, ..., …, …} dan jika disajikan dengan notasi pembentuk himpunan maka A
= {x|x < ..., dan x ∈ Bilangan ... ... ... ...} 3. Himpunan P = {2, 3, 5, 7}. Coba
sajikan himpunan P dengan notasi pembentuk himpunan dan sajikan
himpunan P dengan menuliskan sifat keanggotaannya |
Pertemuan 2 (Kedua) (2 Jam Pelajaran/80
menit) |
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi
waktu |
Pendahuluan |
1.
Peserta
didik melakukan do’a sebelum belajar (meminta seorang peserta didik untuk
memimpin do’a) 2.
Guru
mengecek kehadiran peserta didik dan meminta peserta didik untuk
mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan 3.
Dengan
tanya jawab, guru mengecek pemahaman peserta didik tentang materi himpunan semesta, himpunan kosong dan diagram
venn. 4.
Guru
memotivasi peserta didik dengan menyampaikan bahwa materi himpunan semesta, himpunan kosong dan diagram
venn. sangat
penting dalam kehidupan sehari-hari dan menjadi prasyarat untuk mempelajari
materi berikutnya. 5.
Guru
menyampaikan indikator pencapaian kompetensi dan tujuan pembelajaran. |
10 menit |
Inti |
1.
Guru
menyampaikan rencana kegiatan yang akan dilakukan peserta didik hari ini,
yaitu peserta didik akan bekerja secara berkelompok yang terdiri dari 4 – 5
siswa. 2.
Guru membagi siswa menjadi 7 kelompok yang terdiri 4 – 5 siswa. Langkah 1. Mengamati 1. Peserta didik mengamati masalah tentang himpunan kosong. 2. Guru membantu siswa untuk mencari
alternatif penyelesaiannya. 3. Peserta didik mengamati masalah tentang himpunan semesta. 4. Guru membantu siswa untuk mencari
alternatif penyelesaiannya. 5. Siswa
menyajikan data-data yang dimiliki ke dalam bentuk diagram venn. 6. Peserta didik mengamati contoh-contoh dari
himpunan kosong, semesta dan diagram venn. 7. Guru meminta siswa untuk
memberikan contoh-contoh himpunan kosong, semesta dan diagram venn. 8. guru memberi penjelasan mengenai himpunan
kosong, semesta dan diagram venn. Langkah 2. Menanya 9. Peserta didik didorong untuk mengajukan pertanyaan berdasarkan
pengamatan pada gambar yang berkaitan dengan himpunan kosong, semesta dan
diagram venn. 10. guru memberikan pertanyaan-pertanyaan mengenai himpunan
kosong, semesta dan diagram venn. 11. Berilah
motivasi, pancingan pertanyaan, contoh pertanyaan, dan cara lain agar mampu
membuat pertanyaan tentang penyajian himpunan. 12.
Jawablah pertanyaan yang terkait
erat dengan penyajian himpunan. yang mampu membuat 13.
Berilah nilai afektif untuk siswa
pertanyaan dengan baik. Langkah 3. Mengumpulkan
data 14.
Peserta
didik secara berpasangan menyelesaikan lembar kerja yang diberikan oleh guru. 15.
Guru membimbing siswa untuk mengerjakan lembar kerja. 16.
Guru membimbing siswa untuk mencari sumber informasi dari buku paket,
buku LKS Langkah 4. Menalar 17. Peserta didik menyimpulkan pengertian himpunan kosong, semesta
dan diagram venn. 18.
Minta siswa menalar dengan mandiri
atau dapat berdiskusi 19.
Guru membimbing siswa untuk bernalar. 20. guru memberikan
pertanyaan-pertanyaan yang mencing siswa untuk berpikir mengenai himpunan
kosong, semesta dan diagram venn. Langkah 5.
Mengkomunikasi 21.
Salah
satu peserta didik mempresentasikan hasil diskusi/ pekerjaannya. 22.
Peserta
didik yang lain memberikan tanggapan atas presentasi yang disajikan, meliputi
: bertanya, mengkonfirmasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya 23. Guru memberi umpan
balik atau konfirmasi. |
60 menit |
Penutup |
1.
Peserta didik
menyimpulkan materi yang
telah dipelajari dengan merespon
pertanyaan guru yang sifatnya menuntun dan menggali 2.
Peserta
didik merefleksi penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat
catatan penguasaan materi. 3.
Peserta didik
saling memberikan umpan
balik hasil refleksi yang
dilakukan 4. Guru memberikan tugas
mandiri sebagai pelatihan keterampilan dalam menyelesaikan
masalah matematika yang berkaitan
dengan himpunan kosong, semesta
dan diagram venn. 5. Melaksanakan postes terkait
tentang himpunan kosong, semesta
dan diagram venn. 6. Peserta didik mendengarkan arahan guru untuk materi pada
pertemuan berikutnya 7.
Guru
memberikan tugas |
10 menit |
Penugasan: 1. Tentukan himpunan semesta yang mungkin dari
himpunan-himpunan berikut. a. A = {sepeda motor, mobil, truk } b. B = {jeruk, apel, mangga, durian} c. C = {2, 4, 6, 8} d. D = {−4, −3, −2, −1, 0, 1, 2, 3,4} 2. Gambarlah diagram Venn jika himpunan S ={1,
2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10} a. Himpunan A ={1, 2, 3, 4} dan himpunan B
={7, 8, 9, 10} b. Himpunan A ={1, 2, 3, 4} dan himpunan B
={1, 2, 3, 4} c. Himpunan A ={1, 2, 3} dan himpunan B ={1,
2, 3, 4, 5, 6, 7} d. Himpunan A ={1, 2, 3, 4} dan himpunan B
={3, 4, 5, 6 7} |
Pertemuan 3 (Ketiga) (3 Jam Pelajaran/120
menit) |
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi
waktu |
Pendahuluan |
1.
Peserta
didik melakukan do’a sebelum belajar (meminta seorang peserta didik untuk
memimpin do’a) 2.
Guru
mengecek kehadiran peserta didik dan meminta peserta didik untuk
mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan 3.
Dengan
tanya jawab, guru mengecek pemahaman peserta didik tentang sifat-sifat himpunan seperti kardinalitas himpunan
dan himpunan bagian. 4.
Guru
memotivasi peserta didik dengan menyampaikan bahwa materi himpunan seperti kardinalitas himpunan
dan himpunan bagian sangat
penting dalam kehidupan sehari-hari dan menjadi prasyarat untuk mempelajari
materi berikutnya. 5.
Guru
menyampaikan indikator pencapaian kompetensi dan tujuan pembelajaran. |
10 menit |
Inti |
1. Guru menyampaikan rencana kegiatan yang akan dilakukan peserta
didik hari ini, yaitu peserta didik akan bekerja secara berkelompok yang
terdiri dari 4 – 5 siswa. 2. Guru membagi siswa menjadi 7 kelompok
yang terdiri 4 – 5 siswa. Langkah 1. Mengamati 3.
Peserta
didik mengamati masalah tentang kardinalitas himpunan. 4.
Guru membantu siswa untuk mencari alternatif penyelesaiannya. 5.
Peserta
didik mengamati contoh tentang kardinalitas himpunan 6.
Guru membantu siswa untuk mencari alternatif penyelesaiannya. 7.
Peserta didik mengamati diagram venn dan men 8.
Guru meminta siswa untuk memberikan contoh-contoh
himpunan kosong, semesta dan diagram venn. 9.
guru memberi penjelasan mengenai kardinalitas himpunan dan
himpunan bagian Langkah 2. Menanya 1.
Peserta
didik didorong untuk mengajukan pertanyaan berdasarkan pengamatan berkaitan
kardinalitas himpunan dan himpunan
bagian. 2.
guru
memberikan pertanyaan-pertanyaan mengenai sifat-sifat himpunan seperti kardinalitas
himpunan dan himpunan bagian. 3.
Berilah motivasi, pancingan
pertanyaan, contoh pertanyaan, dan cara lain agar mampu membuat pertanyaan
tentang sifat-sifat
himpunan seperti kardinalitas himpunan dan himpunan bagian. 4.
Jawablah pertanyaan yang terkait
erat dengan penyajian himpunan. yang mampu membuat 5.
Berilah nilai afektif untuk siswa
pertanyaan dengan baik. Langkah 3. Mengumpulkan
data 1.
Peserta
didik secara berpasangan menyelesaikan lembar kerja yang diberikan oleh guru. 2.
Guru membimbing siswa untuk mengerjakan lembar kerja. 3.
Guru membimbing siswa untuk mencari sumber informasi dari buku paket,
buku LKS dan internet. Langkah 4. Menalar 1. Peserta didik menyimpulkan sifat-sifat himpunan seperti kardinalitas himpunan
dan himpunan bagian. 2.
Minta siswa menalar dengan mandiri
atau dapat berdiskusi 3.
Guru membimbing siswa untuk bernalar. guru memberikan
pertanyaan-pertanyaan yang mencing siswa untuk berpikir mengenai sifat-sifat himpunan seperti kardinalitas
himpunan dan himpunan bagian Langkah 5.
Mengkomunikasi 1.
Salah
satu peserta didik mempresentasikan hasil diskusi/ pekerjaannya. 2.
Peserta
didik yang lain memberikan tanggapan atas presentasi yang disajikan, meliputi
: bertanya, mengkonfirmasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya 3. Guru memberi umpan
balik atau konfirmasi. |
90 menit |
Penutup |
1.
Peserta didik
menyimpulkan materi yang
telah dipelajari dengan merespon
pertanyaan guru yang sifatnya menuntun dan menggali 2.
Peserta
didik merefleksi penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat
catatan penguasaan materi. 3.
Peserta didik
saling memberikan umpan
balik hasil refleksi yang
dilakukan 4. Guru memberikan tugas
mandiri sebagai pelatihan keterampilan dalam menyelesaikan
masalah matematika yang berkaitan
dengan sifat-sifat himpunan seperti kardinalitas
himpunan dan himpunan bagian. 5. Melaksanakan postes terkait
tentang sifat-sifat himpunan seperti kardinalitas
himpunan dan himpunan bagian. 6. Peserta didik mendengarkan arahan guru untuk materi pada
pertemuan berikutnya 7.
Guru
memberikan tugas |
20 menit |
Penugasan: 1. Tentukan kardinalitas himpunan dari
himpunan-himpunan berikut. a. A = {sepeda motor, mobil, truk } b. B = {jeruk, apel, mangga, durian} c. C = himpunan bilangan genap kurang dari 10 d. D = himpunan warna pelangi 2. Diketahui himpunan A = {h, a, r, u, m}
dan B = {m, u, r, a, h}. a. Selidiki apakah A ⊂ B? b. Selidiki apakah B ⊂ A? c. Perhatikan anggota himpunan A dan B,
kesimpulan apa yang bisa kamu temukan? |
Pertemuan 4 (Keempat) (2 Jam Pelajaran/80
menit) |
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi
waktu |
Pendahuluan |
1.
Peserta
didik melakukan do’a sebelum belajar (meminta seorang peserta didik untuk
memimpin do’a) 2.
Guru
mengecek kehadiran peserta didik dan meminta peserta didik untuk
mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan 3.
Dengan
tanya jawab, guru mengecek pemahaman peserta didik tentang sifat-sifat himpunan seperti himpunan kuasa dan
kesamaan dua himpunan 4.
Guru
memotivasi peserta didik dengan menyampaikan bahwa materi himpunan himpunan kuasa dan kesamaan dua
himpunan sangat
penting dalam kehidupan sehari-hari dan menjadi prasyarat untuk mempelajari
materi berikutnya. 5.
Guru
menyampaikan indikator pencapaian kompetensi dan tujuan pembelajaran. |
10 menit |
Inti |
1.
Guru
menyampaikan rencana kegiatan yang akan dilakukan peserta didik hari ini,
yaitu peserta didik akan bekerja secara berkelompok yang terdiri dari 4 – 5
siswa. 2.
Guru membagi siswa menjadi 7 kelompok yang terdiri 4 – 5 siswa. Langkah 1. Mengamati 3. Guru menampilkan gambar mengenai himpunan
kuasa dan kesamaan dua himpunan. 4. Peserta didik mengamati gambar yang ditanyangkan 5. Guru meminta siswa untuk
memberikan contoh-contoh himpunan kuasa dan kesamaan dua himpunan 6. guru memberi penjelasan mengenai himpunan kuasa dan kesamaan dua himpunan. Langkah 2. Menanya 7. Peserta didik didorong untuk mengajukan pertanyaan berdasarkan
pengamatan pada gambar yang berkaitan dengan himpunan kuasa dan kesamaan dua himpunan 8. guru memberikan pertanyaan-pertanyaan mengenai himpunan kuasa dan kesamaan dua himpunan. 9. Guru memberi motivasi, pancingan pertanyaan, contoh
pertanyaan, dan cara lain agar mampu membuat pertanyaan tentang sifat-sifat himpunan seperti himpunan
kuasa dan kesamaan dua himpunan 10.
Jawablah pertanyaan yang terkait
erat dengan himpunan
kuasa dan kesamaan dua himpunan yang mampu membuat 11.
Berilah nilai afektif untuk siswa
pertanyaan dengan baik. Langkah 3. Mengumpulkan
data 12. Peserta didik secara berpasangan menyelesaikan lembar kerja yang diberikan oleh guru. 13. Guru membimbing siswa untuk mengerjakan
lembar kerja. 14. Guru membimbing siswa untuk mencari
sumber informasi dari buku paket, buku LKS Langkah 4. Menalar 15. Peserta didik menyimpulkan sifat-sifat himpunan seperti himpunan kuasa dan
kesamaan dua himpunan. 16.
Minta siswa menalar dengan mandiri
atau dapat berdiskusi 17. Guru membimbing siswa
untuk bernalar. 18. guru memberikan
pertanyaan-pertanyaan yang mencing siswa untuk berpikir mengenai sifat-sifat himpunan seperti himpunan
kuasa dan kesamaan dua himpunan Langkah 5.
Mengkomunikasi 19.
Salah
satu peserta didik mempresentasikan hasil diskusi/ pekerjaannya. 20.
Peserta
didik yang lain memberikan tanggapan atas presentasi yang disajikan, meliputi
: bertanya, mengkonfirmasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya 21. Guru memberi umpan
balik atau konfirmasi. |
60 menit |
Penutup |
1.
Peserta didik
menyimpulkan materi yang
telah dipelajari dengan merespon
pertanyaan guru yang sifatnya menuntun dan menggali 2.
Peserta
didik merefleksi penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat
catatan penguasaan materi. 3.
Peserta didik
saling memberikan umpan
balik hasil refleksi yang dilakukan 4. Guru memberikan tugas
mandiri sebagai pelatihan keterampilan dalam menyelesaikan
masalah matematika yang berkaitan
dengan sifat-sifat himpunan seperti himpunan
kuasa dan kesamaan dua himpunan. 5. Melaksanakan postes terkait
tentang sifat-sifat himpunan seperti himpunan
kuasa dan kesamaan dua himpunan. 6. Peserta didik mendengarkan arahan guru untuk materi pada
pertemuan berikutnya 7.
Guru
memberikan tugas |
10 menit |
Penugasan: 1. Tentukan himpunan kuasa dari himpunan-himpunan
berikut. a. A = {sepeda motor, mobil, truk } b. B = {jeruk, apel, mangga, durian} 2. Diketahui himpunan A = {h, a, r, u, m}
dan B = {m, u, r, a, h}. Apakah himpunan A dan B ekuivalen?
berikan alasannya |
Pertemuan 5 (Kelima) (3 Jam Pelajaran/120
menit) |
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi
waktu |
Pendahuluan |
1.
Peserta
didik melakukan do’a sebelum belajar (meminta seorang peserta didik untuk
memimpin do’a). 2.
Guru
mengecek kehadiran peserta didik dan meminta peserta didik untuk
mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan. 3.
Dengan
tanya jawab, guru mengecek pemahaman peserta didik tentang operasi himpunan seperti irisan. 4.
Guru
memotivasi peserta didik dengan menyampaikan bahwa materi operasi himpunan seperti irisan sangat penting dalam kehidupan sehari-hari dan
menjadi prasyarat untuk mempelajari materi berikutnya. 5.
Guru
menyampaikan indikator pencapaian kompetensi dan tujuan pembelajaran. |
10 menit |
Inti |
1. Guru menyampaikan rencana kegiatan yang akan dilakukan peserta
didik hari ini, yaitu peserta didik akan bekerja secara berkelompok yang
terdiri dari 4 – 5 siswa. 2. Guru membagi siswa menjadi 7 kelompok
yang terdiri 4 – 5 siswa. Langkah 1. Mengamati 3.
Guru menampilkan beberapa gambar diagram venn dengan berbagai jenis. 4.
Peserta didik mengamati gambar yang ditanyangkan. 5.
Guru meminta siswa untuk menentukan irisan dari
diagram venn tersebut. Guru memberi penjelasan mengenai operasi himpunan seperti irisan. Langkah 2. Menanya 6.
Peserta
didik didorong untuk mengajukan pertanyaan berdasarkan pengamatan pada gambar
yang berkaitan dengan operasi himpunan seperti irisan. 7.
Guru
memberikan pertanyaan-pertanyaan mengenai operasi himpunan seperti irisan. 8.
Guru memberi motivasi,
pancingan pertanyaan, contoh pertanyaan, dan cara lain agar mampu membuat
pertanyaan tentang irisan. 9. Jawablah
pertanyaan yang terkait erat dengan himpunan kuasa dan kesamaan dua himpunan yang mampu
membuat Langkah 3. Mengumpulkan
data 10.
Peserta
didik secara berpasangan menyelesaikan lembar kerja yang diberikan oleh guru. 11.
Guru membimbing siswa untuk mengerjakan lembar kerja. 12.
Guru membimbing siswa untuk mencari sumber informasi dari buku paket,
buku LKS Langkah 4. Menalar 13. Peserta didik menyimpulkan operasi himpunan seperti irisan. 14. Guru meminta siswa menalar dengan mandiri atau dapat
berdiskusi. 15.
Guru membimbing siswa untuk bernalar. Guru memberikan
pertanyaan-pertanyaan yang mancing siswa untuk berpikir mengenai operasi himpunan seperti irisan. Langkah 5. Mengkomunikasi 16. Salah satu peserta didik mempresentasikan hasil diskusi/
pekerjaannya. 17. Peserta didik yang lain memberikan tanggapan atas presentasi yang
disajikan, meliputi : bertanya, mengkonfirmasi, melengkapi informasi ataupun
tanggapan lainnya 18. Guru memberi umpan
balik atau konfirmasi. |
90 menit |
Penutup |
1.
Peserta didik
menyimpulkan materi yang
telah dipelajari dengan merespon
pertanyaan guru yang sifatnya menuntun dan menggali 2.
Peserta
didik merefleksi penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat
catatan penguasaan materi. 3.
Peserta didik
saling memberikan umpan
balik hasil refleksi yang
dilakukan 4. Guru memberikan tugas
mandiri sebagai pelatihan keterampilan dalam menyelesaikan
masalah matematika yang berkaitan
dengan operasi himpunan seperti irisan. 5. Melaksanakan postes terkait
tentang operasi himpunan seperti irisan. 6. Peserta didik mendengarkan arahan guru untuk materi pada
pertemuan berikutnya 7.
Guru
memberikan tugas |
20 menit |
Penugasan: 1. Diketahui A ={bilangan asli kurang dari 20} B = {bilangan asli genap kurang dari 15} C ={bilangan asli ganjil kurang dari 10} D ={bilangan asli lebih dari 7 dan kurang dari 15} Tentukanlah: a. Tentukan anggota dari himpunan A, B, C, dan D b. Tentukan anggota dari B ∩ C, B ∩ D, dan C ∩ D c. Gambarlah diagram Venn-nya 2. Dalam suatu kelas terdapat 36 siswa. Diantaranya
ada 18 siswa gemar pelajaran Matematika, 20 siswa gemar Bahasa Indonesia, dan
2 siswa tidak gemar keduanya. a. Gambarlah diagram Venn dari keterangan tersebut b. Tentukan banyak siswa dalam kelas tersebut |
Pertemuan 6 (Keenam) (2 Jam Pelajaran/80
menit) |
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi
waktu |
Pendahuluan |
1.
Peserta
didik melakukan do’a sebelum belajar (meminta seorang peserta didik untuk
memimpin do’a). 2.
Guru
mengecek kehadiran peserta didik dan meminta peserta didik untuk
mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan. 3.
Dengan
tanya jawab, guru mengecek pemahaman peserta didik tentang operasi himpunan seperti gabungan. 4.
Guru
memotivasi peserta didik dengan menyampaikan bahwa materi operasi himpunan seperti gabungan sangat penting dalam kehidupan sehari-hari dan menjadi prasyarat
untuk mempelajari materi berikutnya. 5.
Guru
menyampaikan indikator pencapaian kompetensi dan tujuan pembelajaran. |
10 menit |
Inti |
1. Guru menyampaikan rencana kegiatan yang akan dilakukan peserta
didik hari ini, yaitu peserta didik akan bekerja secara berkelompok yang
terdiri dari 4 – 5 siswa. 2. Guru membagi siswa menjadi 7 kelompok
yang terdiri 4 – 5 siswa. Langkah 1. Mengamati 3.
Guru menampilkan beberapa gambar diagram venn dengan berbagai jenis. 4.
Peserta didik mengamati gambar yang ditanyangkan. 5.
Guru meminta siswa untuk menentukan gabungan dari
diagram venn tersebut. 6.
Guru memberi penjelasan mengenai operasi himpunan seperti gabungan. Langkah 2. Menanya 7.
Peserta
didik didorong untuk mengajukan pertanyaan berdasarkan pengamatan pada gambar
yang berkaitan dengan operasi himpunan seperti gabungan. 8.
Guru
memberikan pertanyaan-pertanyaan mengenai operasi himpunan seperti gabungan. 9.
Guru memberi motivasi,
pancingan pertanyaan, contoh pertanyaan, dan cara lain agar mampu membuat
pertanyaan tentang operasi himounan
tentang
gabungan. 10. Jawablah
pertanyaan yang terkait erat dengan operasi himpunan seperti gabungan yang mampu
membuat 11. Berilah nilai
afektif untuk siswa pertanyaan dengan baik. Langkah 3. Mengumpulkan
data 12.
Peserta
didik secara berpasangan menyelesaikan lembar kerja yang diberikan oleh guru. 13.
Guru membimbing siswa untuk mengerjakan lembar kerja. 14.
Guru membimbing siswa untuk mencari sumber informasi dari buku paket,
buku LKS dan internet. Langkah 4. Menalar 15. Peserta didik menyimpulkan operasi himpunan seperti gabungan. 16. Guru meminta siswa menalar dengan mandiri atau dapat
berdiskusi. 17.
Guru membimbing siswa untuk bernalar. 18. Guru memberikan
pertanyaan-pertanyaan yang mancing siswa untuk berpikir mengenai operasi himpunan seperti gabungan. Langkah 5.
Mengkomunikasi 19. Salah satu peserta didik mempresentasikan hasil diskusi/
pekerjaannya. 20. Peserta didik yang lain memberikan tanggapan atas presentasi yang
disajikan, meliputi : bertanya, mengkonfirmasi, melengkapi informasi ataupun
tanggapan lainnya 21. Guru memberi umpan
balik atau konfirmasi. |
60 menit |
Penutup |
1.
Peserta didik
menyimpulkan materi yang
telah dipelajari dengan merespon
pertanyaan guru yang sifatnya menuntun dan menggali 2.
Peserta
didik merefleksi penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat
catatan penguasaan materi. 3.
Peserta didik
saling memberikan umpan
balik hasil refleksi yang
dilakukan 4. Guru memberikan tugas
mandiri sebagai pelatihan keterampilan dalam menyelesaikan
masalah matematika yang berkaitan
dengan operasi himpunan seperti gabungan. 5. Melaksanakan postes terkait
tentang operasi himpunan seperti gabungan. 6. Peserta didik mendengarkan arahan guru untuk materi pada
pertemuan berikutnya 7.
Guru
memberikan tugas |
10 menit |
Penugasan: 1.
Diketahui
himpunan A ={1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8}, himpunan B = {1, 3, 5,
7}, C = {1, 2, 3, 4}, himpunan D = {4, 5, 6, 7}, tentukan
anggota-anggota dari a. A ∪ B b. A ∪ C c. A ∪ D d. B ∪ C e. B ∪ D f. C ∪ D 2. Dalam suatu kelas terdapat 26 siswa gemar
pelajaran Matematika, 20 siswa gemar Bahasa Indonesia, 10 siswa gemar
keduanya, dan 5 siswa tidak gemar keduanya. a. Gambarlah diagram Venn dari keterangan tersebut b. Tentukan banyak siswa dalam kelas tersebut |
Pertemuan 7 (Ketujuh) (3 Jam Pelajaran/120
menit) |
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi
waktu |
Pendahuluan |
1.
Peserta
didik melakukan do’a sebelum belajar (meminta seorang peserta didik untuk
memimpin do’a). 2.
Guru
mengecek kehadiran peserta didik dan meminta peserta didik untuk
mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan. 3.
Dengan
tanya jawab, guru mengecek pemahaman peserta didik tentang operasi himpunan seperti selisih. 4.
Guru
memotivasi peserta didik dengan menyampaikan bahwa materi operasi himpunan seperti selisih sangat penting dalam kehidupan sehari-hari dan menjadi prasyarat
untuk mempelajari materi berikutnya. 5.
Guru
menyampaikan indikator pencapaian kompetensi dan tujuan pembelajaran. |
10 menit |
Inti |
1.
Guru
menyampaikan rencana kegiatan yang akan dilakukan peserta didik hari ini,
yaitu peserta didik akan bekerja secara berkelompok yang terdiri dari 4 – 5
siswa. 2.
Guru membagi siswa menjadi 7 kelompok yang terdiri 4 – 5 siswa. Langkah 1. Mengamati 3. Guru menampilkan beberapa gambar diagram
venn dengan berbagai jenis. 4. Peserta didik mengamati gambar yang
ditanyangkan. 5. Guru meminta siswa untuk
menentukan selisih dari diagram venn tersebut. Guru memberi penjelasan mengenai himpunan seperti selisih. Langkah 2. Menanya 6. Peserta didik didorong untuk mengajukan pertanyaan berdasarkan
pengamatan pada gambar yang berkaitan dengan operasi himpunan seperti selisih. 7. Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan mengenai operasi himpunan seperti selisih. 8. Guru memberi motivasi, pancingan pertanyaan, contoh
pertanyaan, dan cara lain agar mampu membuat pertanyaan tentang operasi
himpunan seperti selisih. 9.
Jawablah pertanyaan yang terkait
erat dengan operasi
himpunan seperti selisih yang mampu membuat Langkah 3. Mengumpulkan
data 10. Peserta didik secara berpasangan menyelesaikan lembar kerja yang diberikan oleh guru. 11. Guru membimbing siswa untuk mengerjakan
lembar kerja. 12. Guru membimbing siswa untuk mencari
sumber informasi dari buku paket, buku LKS Langkah 4. Menalar 13. Peserta didik menyimpulkan operasi himpunan seperti selisih. 14.
Guru meminta siswa
menalar dengan mandiri atau dapat berdiskusi. 15. Guru membimbing siswa
untuk bernalar. 16. Guru memberikan
pertanyaan-pertanyaan yang mancing siswa untuk berpikir mengenai operasi himpunan seperti selisih. Langkah 5.
Mengkomunikasi 17.
Salah
satu peserta didik mempresentasikan hasil diskusi/ pekerjaannya. 18.
Peserta
didik yang lain memberikan tanggapan atas presentasi yang disajikan, meliputi
: bertanya, mengkonfirmasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya 19. Guru memberi umpan
balik atau konfirmasi. |
90 menit |
Penutup |
1.
Peserta didik
menyimpulkan materi yang
telah dipelajari dengan merespon
pertanyaan guru yang sifatnya menuntun dan menggali 2.
Peserta
didik merefleksi penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat
catatan penguasaan materi. 3.
Peserta didik
saling memberikan umpan
balik hasil refleksi yang
dilakukan 4. Guru memberikan tugas
mandiri sebagai pelatihan keterampilan dalam menyelesaikan
masalah matematika yang berkaitan
dengan operasi himpunan seperti selisih. 5. Melaksanakan postes terkait
tentang operasi himpunan seperti selisih. 6. Peserta didik mendengarkan arahan guru untuk materi pada
pertemuan berikutnya 7.
Guru
memberikan tugas |
20 menit |
Penugasan: 1. Dalam suatu kelas terdapat 30 orang siswa
yang senang dengan pelajaran matematika, 25 orang siswa senang dengan
pelajaran fisika, dan 10 orang siswa senang pelajaran matematika dan fisika. a. Gambarlah diagram Venn dari keterangan di atas. b. Berapa orang siswa yang hanya senang pelajaran matematika? c. Berapa orang siswa yang hanya senang pelajaran fisika? d. Berapa banyak siswa dalam kelas itu? 2. Di Desa Sabulan yang terletak di pulau Samosir
terdapat 100 rumah tangga. Dari jumlah tersebut 60 rumah tangga memelihara
ternak ayam, 35 rumah tangga memelihara ternak kambing, 45 rumah tangga
memelihara ternak sapi, 15 rumah tangga memelihara ternak ayam dan ternak
kambing, 5 rumah tangga memelihara ternak kambing dan ternak sapi, 20 rumah
tangga memelihara ternak ayam dan ternak sapi. Jika 5 rumah tangga memelihara
ketiga ternak itu, selesaikanlah permasalahan berikut! a. Gambarkanlah diagram Venn dari keterangan di
atas. b. Berapa rumah tangga yang hanya memelihara ternak
ayam? c. Berapa rumah tangga yang hanya memelihara ternak
kambing? d. Berapa rumah tangga yang hanya memelihara ternak
sapi? e. Berapa rumah tangga yang tidak memelihara ternak ketiga-tiganya? |
Pertemuan 8 (Kedelapan)
(2 Jam Pelajaran/80
menit) |
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi
waktu |
Pendahuluan |
1.
Peserta
didik melakukan do’a sebelum belajar (meminta seorang peserta didik untuk
memimpin do’a). 2.
Guru
mengecek kehadiran peserta didik dan meminta peserta didik untuk
mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan. 3.
Dengan
tanya jawab, guru mengecek pemahaman peserta didik tentang operasi himpunan seperti komplemen dan sifat-sifat operasi himpunan. 4.
Guru
memotivasi peserta didik dengan menyampaikan bahwa materi operasi himpunan seperti komplemen dan sifat-sifat operasi himpunan. sangat penting dalam kehidupan sehari-hari dan menjadi prasyarat
untuk mempelajari materi berikutnya. 5.
Guru
menyampaikan indikator pencapaian kompetensi dan tujuan pembelajaran. |
10 menit |
Inti |
1. Guru menyampaikan rencana kegiatan yang akan dilakukan peserta
didik hari ini, yaitu peserta didik akan bekerja secara berkelompok yang
terdiri dari 4 – 5 siswa. 2. Guru membagi siswa menjadi 7 kelompok
yang terdiri 4 – 5 siswa. Langkah 1. Mengamati 3.
Guru menampilkan beberapa gambar diagram venn dengan berbagai jenis. 4.
Peserta didik mengamati gambar yang ditanyangkan. 5.
Guru meminta siswa untuk menentukan komplemen dari
diagram venn tersebut dan komplemen dan sifat-sifat operasi
himpunan. 6.
Guru memberi penjelasan mengenai operasi himpunan seperti komplemen dan sifat-sifat operasi himpunan. Langkah 2. Menanya 7.
Peserta
didik didorong untuk mengajukan pertanyaan berdasarkan pengamatan pada gambar
yang berkaitan dengan operasi himpunan seperti komplemen dan
sifat-sifat operasi himpunan. 8.
Guru
memberikan pertanyaan-pertanyaan mengenai operasi himpunan seperti komplemen dan sifat-sifat operasi himpunan.. 9.
Guru memberi motivasi,
pancingan pertanyaan, contoh pertanyaan, dan cara lain agar mampu membuat
pertanyaan tentang operasi himpunan seperti komplemen dan sifat-sifat operasi himpunan. 10. Jawablah
pertanyaan yang terkait erat dengan operasi himpunan seperti komplemen dan sifat-sifat operasi himpunan.yang mampu
membuat 11. Berilah nilai
afektif untuk siswa pertanyaan dengan baik. Langkah 3. Mengumpulkan
data 12.
Peserta
didik secara berpasangan menyelesaikan lembar kerja yang diberikan oleh guru. 13.
Guru membimbing siswa untuk mengerjakan lembar kerja. 14.
Guru membimbing siswa untuk mencari sumber informasi dari buku paket,
buku LKS dan internet. Langkah 4. Menalar 15. Peserta didik menyimpulkan operasi himpunan seperti komplemen dan sifat-sifat operasi himpunan. 16. Guru meminta siswa menalar dengan mandiri atau dapat
berdiskusi. 17.
Guru membimbing siswa untuk bernalar. Guru memberikan
pertanyaan-pertanyaan yang mancing siswa untuk berpikir mengenai operasi himpunan seperti komplemen dan sifat-sifat operasi himpunan. Langkah 5.
Mengkomunikasi 18. Salah satu peserta didik mempresentasikan hasil diskusi/
pekerjaannya. 19. Peserta didik yang lain memberikan tanggapan atas presentasi yang
disajikan, meliputi : bertanya, mengkonfirmasi, melengkapi informasi ataupun
tanggapan lainnya 20. Guru memberi umpan
balik atau konfirmasi. |
60 menit |
Penutup |
1.
Peserta didik
menyimpulkan materi yang
telah dipelajari dengan merespon
pertanyaan guru yang sifatnya menuntun dan menggali 2.
Peserta
didik merefleksi penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat
catatan penguasaan materi. 3.
Peserta didik
saling memberikan umpan
balik hasil refleksi yang
dilakukan 4. Guru memberikan tugas
mandiri sebagai pelatihan keterampilan dalam menyelesaikan
masalah matematika yang berkaitan
dengan operasi himpunan seperti komplemen dan sifat-sifat operasi himpunan. 5. Melaksanakan postes terkait
tentang operasi himpunan seperti komplemen dan sifat-sifat operasi himpunan.Peserta didik mendengarkan arahan guru untuk materi pada
pertemuan berikutnya 6.
Guru
memberikan tugas |
10 menit |
Penugasan: 1. Diketahui S = {bilangan asli kurang dari 15} P = {1, 2, 3, 4, 5, 6} Q = {5, 6,7, 8, 9} Tentukan a. Pc b. Qc c. (P ∩ Q)c d. (P ∪ Q)c 2. Jika A adalah himpunan kosong,
apakah berlaku A ∪ A = A? Diskusikan dengan temanmu. 3. Jika A adalah himpunan kosong,
apakah berlaku A ∩ A = A? Diskusikan dengan temanmu. |
Pertemuan 9 (Kesembilan) (3 Jam
Pelajaran/120 menit) |
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi
waktu |
Pendahuluan |
1.
Peserta didik
melakukan do’a sebelum belajar (meminta seorang peserta didik untuk memimpin
do’a) 2.
Guru
mengecek kehadiran peserta didik dan meminta peserta didik untuk mempersiapkan
perlengkapan dan peralatan yang diperlukan 3.
Peserta didik
menerima informasi tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan materi
yang memiliki keterkaitan dengan materi sebelumnya. 4.
Peserta
didik menerima informasi tentang kompetensi, ruang lingkup
materi, tujuan, manfaat, langkah pembelajaran, metode
penilaian yang akan dilaksanakan yang ditayangkan 5.
Guru
bertanya mencari informasi tentang himpunan dalam kehidupan
sehari-hari dan peserta didik
menjawab dengan prediksi
masing – masing 6.
Guru mengaitkan materi himpunan yang diajarkan dengan kehidupan nyata |
10 menit |
Inti |
Langkah
1. Evaluasi 1.
Guru
membagikan soal
ulangan dan peserta
didik membaca petunjuk, mengamati soal ulangan (soal ulangan berisi tentang permasalahan himpunan). 2.
Guru
memotivasi peserta didik untuk menuliskan dan menanyakan permasalahan hal-hal
yang belum dipahami dari masalah yang disajikan dalam
soal
ulangan serta
guru mempersilahkan peserta
didik dalam kelompok lain untuk memberikan
tanggapan, bila diperlukan
guru memberikan bantuan komentar secara klasikal 3.
Peserta
didik memperhatikan dan mengamati penjelasan yang diberikan guru yang
terkait dengan permasalahan bilangan
secara umum 4.
Peserta didik
mengamati setiap soal yang diberikan dan menyelesaikan masalah. 5.
Mengidentifikasi
hubungan materi
himpunan. 6.
Menyelesaikan
permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan soal himpunan. 7.
Peserta
didik melakukan eksplorasi seperti dalam poin 10,
dimana mereka juga diharapkan mengaitkan dengan kehidupan nyata 8.
Guru
berkeliling mencermati peserta didik dalam kelompok dan menemukan berbagai
kesulitan yang di alami peserta didik dan memberikan kesempatan untuk
mempertanyakan hal-hal yang belum dipahami 9.
Guru
memberikan bantuan kepada peserta didik dalam
kelompok untuk masalah-masalah yang dianggap sulit oleh peserta didik 10.
Guru
mengarahkan peserta didik dalam kelompok untuk menyelesaikan permasahan
dengan cermat dan teliti. 11.
Guru
meminta peserta didik untuk mendiskusikan cara yang digunakan untuk menemukan
semua kemungkinan pemecahan masalah terkait masalah yang diberikan 12.
Peserta
didik masing-masing dengan bimbingan guru untuk dapat mengaitkan, merumuskan,
dan menyimpulkan materi bilangan
serta memberikan bantuan untuk menyajikan hasil pemecahan masalah yang telah
diperoleh. 13.
Peserta
didik menyusun laporan hasil diskusi penyelesaian masalah yang diberikan
terkait materi
bilangan. |
90 menit |
Penutup |
Langkah
2. Refleksi 1.
Peserta didik
melakukan reflesi, resume
dan membuat kesimpulan secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru
dari materi yang yang telah dipelajari terkait materi himpunan. 2.
Guru
memberikan apresiasi atas partisipasi semua peserta didik 3.
Peserta
didik mendengarkan arahan guru untuk materi pada pertemuan berikutnya. 4.
Untuk memberi
penguatan materi yang
telah di pelajari, guru
memberikan arahan untuk
mencari referensi terkait materi
yang telah dipelajari
baik melalui buku-buku di
perpustakaan atau mencari
di internet. |
20 menit |
Penugasan: 1. Mempelajari materi aljabar mengenai
unsur-unsur aljabar. 2. Mempelajari materi tentang unsur-unsur
aljabar. |
I.
Penilaian
1.
Teknik
penilaian
a.
Sikap
spiritual
Tulis satu atau
lebih teknik penilaian sikap spiritual dan tuangkan dalam tabel.
No. |
Teknik |
Bentuk Instrumen |
Contoh
Butir Instrumen |
Waktu Pelaksanaan |
Keterangan |
1. |
Observasi |
Jurnal |
terlampir |
Saat pembelajaran berlangsung |
Penilaian
untuk dan pencapaian pembelajaran |
2. |
Penilaian diri |
|
terlampir |
Saat pembelajaran usai |
Penilaian
sebagai pembelajaran |
3. |
Penilaian antar
teman |
|
terlampir |
Saat pembelajaran usai |
Penilaian
sebagai pembelajaran |
b.
Sikap
sosial
Tulis satu atau
lebih teknik penilaian sikap sosial dan tuangkan dalam tabel.
No. |
Teknik |
Bentuk Instrumen |
Contoh
Butir Instrumen |
Waktu Pelaksanaan |
Keterangan |
1. |
Observasi |
Jurnal |
terlampir |
Saat pembelajaran berlangsung |
Penilaian
untuk dan pencapaian pembelajaran |
2. |
Penilaian diri |
|
terlampir |
Saat pembelajaran usai |
Penilaian
sebagai pembelajaran |
3. |
Penilaian antar
teman |
|
terlampir |
Saat pembelajaran usai |
Penilaian
sebagai pembelajaran |
c.
Pengetahuan
No. |
Teknik |
Bentuk Instrumen |
Contoh
Butir Instrumen |
Waktu Pelaksanaan |
Keterangan |
1. |
Lisan |
Pertanyaan
(lisan) dengan jawaban terbuka |
terlampir |
Saat pembelajaran berlangsung |
Penilaian untuk pembelajaran |
2. |
Penugasan |
Pertanyaan dan/atau tugas tertulis berbentuk esei, pilihan ganda, benarsalah,
menjodohkan, isian, dan/atau lainnya |
terlampir |
Saat pembelajaran berlangsung |
Penilaian sebagai pembelajaran Penilaian untuk pembelajaran dan sebagai pembelajaran |
3. |
Tertulis |
Pertanyaan dan/atau tugas tertulis berbentuk esei, pilihan ganda, benarsalah,
menjodohkan, isian, dan/atau lainnya |
terlampir |
Saat pembelajaran usai |
Penilaian pencapaian pembelajaran |
4. |
Portofolio |
Sampel pekerjaan terbaik hasil dari penugasan atau tes tertulis |
|
Saat pembelajaran usai |
Data untuk penulisan deskripsi pencapaian pengetahuan |
d.
Keterampilan
No. |
Teknik |
Bentuk Instrumen |
Contoh
Butir Instrumen |
Waktu Pelaksanaan |
Keterangan |
1. |
Praktik |
Tugas (keterampilan) |
terlampir |
Saat pembelajaran berlangsung
dan/atau setelah usai |
Penilaian untuk, sebagai, dan/atau pencapaian pembelajaran |
2. |
Produk |
Tugas (keterampilan) |
terlampir |
Saat pembelajaran berlangsung
dan/atau setelah usai |
Penilaian untuk, sebagai, dan/atau pencapaian pembelajaran |
3. |
Proyek |
Tugas besar |
terlampir |
Saat pembelajaran berlangsung |
Penilaian untuk, sebagai, dan pencapaian pembelajaran |
4. |
Portofolio |
Sampel pekerjaan terbaik hasil dari penugasan atau tes tertulis |
|
Saat pembelajaran usai |
Penilaian untuk pembelajaran dan sebagai data untuk penulisan deskripsi pencapaian keterampilan |
2.
Pembelajaran
Remedial
Tulis kegiatan
pembelajaran remedial antara lain dalam bentuk:
o pembelajaran ulang
o bimbingan perorangan
o belajar kelompok
o pemanfaatan tutor sebaya bagi peserta didik yang belum mencapai
ketuntasan belajar sesuai hasil analisis penilaian.
3.
Pembelajaran
Pengayaan
Berdasarkan
hasil analisis penilaian, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar
diberi kegiatan pembelajaran pengayaan untuk perluasan dan/atau pendalaman
materi (kompetensi) antara lain dalam bentuk tugasmengerjakan soal-soal dengan
tingkat kesulitan lebih tinggi, meringkas buku-buku referensi dan mewawancarai
narasumber.
Mengetahui, Kepala SMP Negeri 2 Syamtalira Bayu ( Assuadi, S.Pd ) NIP : 19690305 200604 1003 |
|
Bayu, 20 Guru Mapel ( Marzuki, S.Pd ) NIP : |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar