UNIVERSITAS PATTIMURA

Hallo Guys Welcome to My Blog

Senin, 14 Desember 2020

RPP KELAS VII

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Satuan Pendidikan                : SMP Negeri 2 Syamtalira Bayu

Mata Pelajaran                      : Matematika

Kelas/Semester                      : VII/1

Materi Pokok                         : Himpunan

Alokasi Waktu                       : 23 x 40’ (9 pertemuan)

 

A.    Kompetensi Inti

                 KI- 1 :          Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.

                 KI- 2 :          Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

                 KI- 3 :          Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

                 KI- 4 :          Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

 

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

3.4 Menjelaskan himpunan, himpunan bagian, himpunan semesta, himpunan kosong, komplemen himpunan, dan melakukan operasi biner pada himpunan menggunakan masalah kontekstual.

    3.4.1     Menjelaskan pengertian himpunan.

    3.4.2     Menentukan suatu kumpulan yang termasuk himpunan.

    3.4.3     Menentukan suatu kumpulan yang termasuk bukan himpunan.

    3.4.4     Menentukan berbagai cara menyatakan himpunan.

    3.4.5     Menyatakan himpunan kosong.

    3.4.6     Menyatakan himpunan semesta yang mungkin dari suatu himpunan.

    3.4.7     Menggambarkan bentuk diagram venn apabila diketahui kedua anggota himpunan dan himpunan semestanya.

    3.4.8     Menentukan semesta dari diagram venn.

    3.4.9     Menjelaskan sifat-sifat himpunan (kardinalitas himpunan, himpunan kuasa dan himpunan bagian).

  3.4.10   Menentukan sifat-sifat himpunan (kardinalitas himpunan, himpunan kuasa dan himpunan bagian).

  3.4.11   Menjelaskan berbagai operasi himpunan seperti irisan, gabungan, komplemen.

  3.4.12   Menentukan irisan, gabungan dan komplemen dari suatu himpunan.

  3.4.13   Menjelaskan sifat-sifat operasi himpunan.

4.4 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan himpunan bagian, himpunan semesta, himpunan kosong, komplemen himpunan.

 4.4.1        Membuat contoh-contoh kumpulan yang merupakan suatu himpunan dan bukan himpunan.

 4.4.2        Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan himpunan kosong dan semesta.

 4.4.3        Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan diagram venn.

 4.4.4        Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan sifat-sifat himpunan.

 4.4.5        Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan operasi himpunan.

 4.4.6        Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan sifat-sifat operasi himpunan.

 

C.    Tujuan Pembelajaran

Pertemuan 1:

Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui simulasi, diskusi dan tanya jawab peserta didik dapat:

1.      Menjelaskan pengertian himpunan

2.      Menentukan suatu kumpulan yang termasuk himpunan

3.      Menentukan suatu kumpulan yang termasuk bukan himpunan.

4.      Membuat contoh-contoh kumpulan yang merupakan suatu himpunan dan bukan himpunan.

5.      Menentukan berbagai cara menyatakan himpunan

 

Pertemuan 2:

Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui simulasi,diskusi dan tanya jawab peserta didik dapat:

1.      Menyatakan himpunan kosong.

2.      Menyatakan himpunan semesta yang mungkin dari suatu himpunan.

3.      Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan himpunan kosong dan semesta.

4.      Menggambarkan bentuk diagram venn apabila diketahui kedua anggota himpunan dan himpunan semestanya.bar diagram venn

5.      Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan diagram venn.

 

Pertemuan 3:

Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui simulasi,diskusi dan tanya jawab peserta didik dapat:

1.      Menjelaskan sifat-sifat himpunan (kardinalitas himpunan dan himpunan bagian).

2.      Menentukan sifat-sifat himpunan (kardinalitas himpunan dan himpunan bagian).

3.      Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan sifat-sifat himpunan.

 

Pertemuan 4:

Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui simulasi,diskusi dan tanya jawab peserta didik dapat:

1.      Menjelaskan sifat-sifat himpunan (himpunan kuasa).

2.      Menentukan sifat-sifat himpunan (himpunan kuasa).

3.      Menentukan kesamaan kedua himpunan

4.      Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan sifat-sifat himpunan.

 

Pertemuan 5:

Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui simulasi,diskusi dan tanya jawab peserta didik dapat:

1.      Menjelaskan berbagai operasi himpunan seperti irisan

2.      Menentukan irisan dari suatu himpunan.

3.      Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan operasi himpunan.

 

Pertemuan 6:

Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui simulasi,diskusi dan tanya jawab peserta didik dapat:

1.      Menjelaskan berbagai operasi himpunan seperti gabungan

2.      Menentukan gabungan dari suatu himpunan.

3.      Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan operasi himpunan.

 

Pertemuan 7:

Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui simulasi,diskusi dan tanya jawab peserta didik dapat:

1.      Menjelaskan berbagai operasi himpunan seperti selisih.

2.      Menentukan selisih dari suatu himpunan.

3.      Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan operasi himpunan.

 

 

Pertemuan 8:

Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui simulasi,diskusi dan tanya jawab peserta didik dapat:

1.      Menjelaskan berbagai operasi himpunan seperti komplemen.

2.      Menentukan komplemen dari suatu himpunan.

3.      Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan operasi himpunan.

4.      Menjelaskan sifat-sifat operasi himpunan.

5.      Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan operasi himpunan.

 

Pertemuan 9:

Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui simulasi,diskusi dan tanya jawab peserta didik dapat:

1.      Evaluasi

 

D.    Materi Pembelajaran

1.      Materi Pembelajaran Reguler

a.       Himpunan dan bukan himpunan

b.      Menyatakan himpunan

c.       Himpunan kosong

d.      Himpunan semesta

e.       Diagram venn

f.       Sifat-sifat operasi (kardinalitas himpunan, himpunan kuasa dan himpunan bagian)

g.      Operasi himpunan (irisan, gabungan, selisih dan komplemen)

h.      Sifat-sifat operasi himpunan

 

2.      Materi Pembelajaran Pengayaan

a.       Diagram venn

b.      Operasi himpunan

 

3.      Materi Pembelajaranp Remedial

a.       Himpunan dan bukan himpunan

b.      Menyatakan himpunan

c.       Sifat-sifat operasi (kardinalitas himpunan, himpunan kuasa dan himpunan bagian)

 

E.     Metode Pembelajaran

Pertemuan 1-8      : Pendekatan saintifik

Pertemuan 9         : Evaluasi

 

F.     Media dan Bahan

1. Media    : Gambar

2. Bahan    : Benda-benda di dalam kelas yang di dalamnya terdapat bilangan seperti    struktur kepengurusan, iventaris kelas, dan nomor absen siswa.

 

G.    Sumber Belajar

Sumber Belajar :   Buku pegangan guru, buku pegangan peserta didik, lingkungan kelas/sekolah/kantin sekolah, dan internet

Abdul Rahman As’ari, Mohammad Tohir dkk. 2016. Buku Guru Matematika SMP/MTs Kelas 7. (Jakarta: kementrian pendidikan dan kebudayaan).

Abdul Rahman As’ari, Mohammad Tohir dkk. 2016. Buku Siswa Matematika SMP/MTs Kelas 7. (Jakarta: kementrian pendidikan dan kebudayaan).

 

H.    Langkah-Langka Pembelajaran

 

Pertemuan 1 (Pertama) (3 Jam Pelajaran/120 menit)

 

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi waktu

Pendahuluan

1.      Peserta didik melakukan do’a sebelum belajar (meminta seorang peserta didik untuk memimpin do’a)

2.      Guru mengecek kehadiran peserta didik dan meminta peserta didik untuk mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan

3.      Dengan tanya jawab, guru mengecek pemahaman peserta didik  tentang materi himpunan dan bukan himpunan dengan mengamati foto yang ada di sekitar kita . Contoh pertanyaan : ‘sebutkan anggota himpunan yang ada pada foto berikut”

 



       Himpunan buah-buahan

4.      Guru memotivasi peserta didik dengan menyampaikan bahwa materi konsep himpunan & penyajian himpunan sangat penting dalam kehidupan sehari-hari dan menjadi prasyarat untuk mempelajari materi berikutnya.

5.      Guru menyampaikan indikator pencapaian kompetensi dan tujuan pembelajaran.

10 menit

Inti

1.      Guru menyampaikan rencana kegiatan yang akan dilakukan peserta didik hari ini, yaitu peserta didik akan bekerja secara berkelompok yang terdiri dari 4 – 5 siswa.

Langkah 1. Mengamati

2.       Peserta didik mengamati gambar






3.      Peserta didik mengamati penyajian himpunan dengan 3 cara dan memberikan contoh-contoh.

4.      guru memberi penjelasan mengenai penyajian himpunan dengan 3 cara

5.      Jika perlu minta siswa untuk memberikan contoh satu himpunan yang disajikan dengan 3 cara yang berbeda,misalnya himpunan A adalah himpunan bilangan bulat kurang dari 5

 

Langkah 2. Menanya

6.      Peserta didik didorong untuk mengajukan pertanyaan berdasarkan pengamatan pada gambar yang berkaitan dengan fakta –fakta peserta Piala Dunia 2014 tersebut.

7.      guru  memberikan pertanyaan-pertanyaan mengenai himpunan atau bukan himpunan dan menyatakan himpunan dengan menggunakan 3 cara.

8.      Berilah motivasi, pancingan pertanyaan, contoh pertanyaan, dan cara lain agar mampu membuat pertanyaan tentang penyajian himpunan.

9.      Jawablah pertanyaan yang terkait erat dengan penyajian himpunan. yang mampu membuat

 

Langkah 3. Mengumpulkan data

10.  Peserta didik secara berpasangan menyelesaikan lembar kerja yang diberikan oleh guru.

11.  Guru membimbing siswa untuk mengerjakan lembar kerja.

12.  Guru membimbing siswa untuk mencari sumber informasi dari buku paket, buku LKS

 

Langkah 4. Menalar

13.  Peserta didik menyimpulkan pengertian himpunan dan bukan himpunan

14.  Minta siswa menalar dengan mandiri atau dapat berdiskusi

15.  Guru membimbing siswa untuk bernalar.

16.  guru memberikan pertanyaan-pertanyaan yang mencing siswa untuk berpikir mengenai himpunan dan menyatakan himpunan dengan menggunakan 3 cara.

 

Langkah 5. Mengkomunikasi

17.  Salah satu peserta didik mempresentasikan hasil diskusi / pekerjaannya.

18.  Peserta didik yang lain memberikan tanggapan atas presentasi yang disajikan, meliputi : bertanya, mengkonfirmasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya

19.  Guru memberi umpan balik atau konfirmasi.

90 menit

Penutup

1.        Peserta   didik   menyimpulkan   materi   yang   telah dipelajari  dengan  merespon  pertanyaan  guru  yang sifatnya menuntun dan menggali

2.        Peserta didik merefleksi penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan penguasaan materi.

3.        Peserta  didik  saling  memberikan  umpan  balik  hasil refleksi yang dilakukan

4.        Guru  memberikan  tugas  mandiri  sebagai  pelatihan keterampilan dalam menyelesaikan masalah matematika  yang  berkaitan  dengan  menentukan himpunan dan bukan himpunan serta menyajikan himpunan.

5.        Melaksanakan  postes  terkait  tentang  menentukan himpunan dan bukan himpunan serta menyajikan himpunan.

6.        Peserta didik mendengarkan arahan guru untuk materi pada pertemuan berikutnya

7.        Guru memberikan tugas

 

20 menit

Penugasan:

1.      Sebutkan contoh himpunan dan bukan himpunan masing-masing 3?

2.      Himpunan A = {bilangan cacah kurang dari 5}, jika disajikan dengan menyebutkan anggotanya maka A = {0, 1, ..., …, …} dan jika disajikan dengan notasi pembentuk himpunan maka A = {x|x < ..., dan x Bilangan ... ... ... ...}

3.      Himpunan P = {2, 3, 5, 7}. Coba sajikan himpunan P dengan notasi pembentuk himpunan dan sajikan himpunan P dengan menuliskan sifat keanggotaannya

 

Pertemuan 2 (Kedua) (2 Jam Pelajaran/80 menit)

 

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi waktu

Pendahuluan

1.      Peserta didik melakukan do’a sebelum belajar (meminta seorang peserta didik untuk memimpin do’a)

2.      Guru mengecek kehadiran peserta didik dan meminta peserta didik untuk mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan

3.      Dengan tanya jawab, guru mengecek pemahaman peserta didik  tentang materi himpunan semesta, himpunan kosong dan diagram venn.

4.      Guru memotivasi peserta didik dengan menyampaikan bahwa materi himpunan semesta, himpunan kosong dan diagram venn. sangat penting dalam kehidupan sehari-hari dan menjadi prasyarat untuk mempelajari materi berikutnya.

5.      Guru menyampaikan indikator pencapaian kompetensi dan tujuan pembelajaran.

10 menit

Inti

1.      Guru menyampaikan rencana kegiatan yang akan dilakukan peserta didik hari ini, yaitu peserta didik akan bekerja secara berkelompok yang terdiri dari 4 – 5 siswa.

2.      Guru membagi siswa menjadi 7 kelompok yang terdiri 4 – 5 siswa.

 

Langkah 1. Mengamati

1.      Peserta didik mengamati masalah tentang himpunan kosong.

2.      Guru membantu siswa untuk mencari alternatif penyelesaiannya.

3.      Peserta didik mengamati masalah tentang himpunan semesta.

4.      Guru membantu siswa untuk mencari alternatif penyelesaiannya.

5.      Siswa menyajikan data-data yang dimiliki ke dalam bentuk diagram venn.

 


 

6.      Peserta didik mengamati contoh-contoh dari himpunan kosong, semesta dan diagram venn.

7.      Guru meminta siswa untuk memberikan contoh-contoh himpunan kosong, semesta dan diagram venn.

8.      guru memberi penjelasan mengenai himpunan kosong, semesta dan diagram venn.

 

Langkah 2. Menanya

9.      Peserta didik didorong untuk mengajukan pertanyaan berdasarkan pengamatan pada gambar yang berkaitan dengan himpunan kosong, semesta dan diagram venn.

10.  guru  memberikan pertanyaan-pertanyaan mengenai himpunan kosong, semesta dan diagram venn.

11.  Berilah motivasi, pancingan pertanyaan, contoh pertanyaan, dan cara lain agar mampu membuat pertanyaan tentang penyajian himpunan.

12.  Jawablah pertanyaan yang terkait erat dengan penyajian himpunan. yang mampu membuat

13.  Berilah nilai afektif untuk siswa pertanyaan dengan baik.

 

Langkah 3. Mengumpulkan data

14.  Peserta didik secara berpasangan menyelesaikan lembar kerja yang diberikan oleh guru.

15.  Guru membimbing siswa untuk mengerjakan lembar kerja.

16.  Guru membimbing siswa untuk mencari sumber informasi dari buku paket, buku LKS

Langkah 4. Menalar

17.  Peserta didik menyimpulkan pengertian himpunan kosong, semesta dan diagram venn.

18.  Minta siswa menalar dengan mandiri atau dapat berdiskusi

19.  Guru membimbing siswa untuk bernalar.

20.  guru memberikan pertanyaan-pertanyaan yang mencing siswa untuk berpikir mengenai himpunan kosong, semesta dan diagram venn.

 

Langkah 5. Mengkomunikasi

21.  Salah satu peserta didik mempresentasikan hasil diskusi/ pekerjaannya.

22.  Peserta didik yang lain memberikan tanggapan atas presentasi yang disajikan, meliputi : bertanya, mengkonfirmasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya

23.  Guru memberi umpan balik atau konfirmasi.

60 menit

Penutup

1.      Peserta   didik   menyimpulkan   materi   yang   telah dipelajari  dengan  merespon  pertanyaan  guru  yang sifatnya menuntun dan menggali

2.      Peserta didik merefleksi penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan penguasaan materi.

3.      Peserta  didik  saling  memberikan  umpan  balik  hasil refleksi yang dilakukan

4.      Guru  memberikan  tugas  mandiri  sebagai  pelatihan keterampilan dalam menyelesaikan masalah matematika  yang  berkaitan  dengan  himpunan kosong, semesta dan diagram venn.

5.      Melaksanakan  postes  terkait  tentang  himpunan kosong, semesta dan diagram venn.

6.      Peserta didik mendengarkan arahan guru untuk materi pada pertemuan berikutnya

7.      Guru memberikan tugas

10 menit

Penugasan:

1. Tentukan himpunan semesta yang mungkin dari himpunan-himpunan berikut.

a. A = {sepeda motor, mobil, truk }

b. B = {jeruk, apel, mangga, durian}

c. C = {2, 4, 6, 8}

d. D = {−4, −3, −2, −1, 0, 1, 2, 3,4}

2. Gambarlah diagram Venn jika himpunan S ={1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10}

a. Himpunan A ={1, 2, 3, 4} dan himpunan B ={7, 8, 9, 10}

b. Himpunan A ={1, 2, 3, 4} dan himpunan B ={1, 2, 3, 4}

c. Himpunan A ={1, 2, 3} dan himpunan B ={1, 2, 3, 4, 5, 6, 7}

d. Himpunan A ={1, 2, 3, 4} dan himpunan B ={3, 4, 5, 6 7}

 

 

Pertemuan 3 (Ketiga) (3 Jam Pelajaran/120 menit)

 

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi waktu

Pendahuluan

1.      Peserta didik melakukan do’a sebelum belajar (meminta seorang peserta didik untuk memimpin do’a)

2.      Guru mengecek kehadiran peserta didik dan meminta peserta didik untuk mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan

3.      Dengan tanya jawab, guru mengecek pemahaman peserta didik  tentang sifat-sifat himpunan seperti kardinalitas himpunan dan himpunan bagian.

4.      Guru memotivasi peserta didik dengan menyampaikan bahwa materi himpunan seperti kardinalitas himpunan dan himpunan bagian sangat penting dalam kehidupan sehari-hari dan menjadi prasyarat untuk mempelajari materi berikutnya.

5.      Guru menyampaikan indikator pencapaian kompetensi dan tujuan pembelajaran.

10 menit

Inti

1.      Guru menyampaikan rencana kegiatan yang akan dilakukan peserta didik hari ini, yaitu peserta didik akan bekerja secara berkelompok yang terdiri dari 4 – 5 siswa.

2.      Guru membagi siswa menjadi 7 kelompok yang terdiri 4 – 5 siswa.

 

Langkah 1. Mengamati

3.      Peserta didik mengamati masalah tentang kardinalitas himpunan.

4.      Guru membantu siswa untuk mencari alternatif penyelesaiannya.

5.      Peserta didik mengamati contoh tentang kardinalitas himpunan

6.      Guru membantu siswa untuk mencari alternatif penyelesaiannya.

7.      Peserta didik mengamati diagram venn dan men

8.      Guru meminta siswa untuk memberikan contoh-contoh himpunan kosong, semesta dan diagram venn.

9.      guru memberi penjelasan mengenai kardinalitas himpunan dan himpunan bagian

 

Langkah 2. Menanya

1.      Peserta didik didorong untuk mengajukan pertanyaan berdasarkan pengamatan berkaitan kardinalitas himpunan dan himpunan bagian.

2.      guru  memberikan pertanyaan-pertanyaan mengenai sifat-sifat himpunan seperti kardinalitas himpunan dan himpunan bagian.

3.      Berilah motivasi, pancingan pertanyaan, contoh pertanyaan, dan cara lain agar mampu membuat pertanyaan tentang sifat-sifat himpunan seperti kardinalitas himpunan dan himpunan bagian.

4.      Jawablah pertanyaan yang terkait erat dengan penyajian himpunan. yang mampu membuat

5.      Berilah nilai afektif untuk siswa pertanyaan dengan baik.

 

Langkah 3. Mengumpulkan data

1.      Peserta didik secara berpasangan menyelesaikan lembar kerja yang diberikan oleh guru.

2.      Guru membimbing siswa untuk mengerjakan lembar kerja.

3.      Guru membimbing siswa untuk mencari sumber informasi dari buku paket, buku LKS dan internet.

 

 

Langkah 4. Menalar

1.      Peserta didik menyimpulkan sifat-sifat himpunan seperti kardinalitas himpunan dan himpunan bagian.

2.      Minta siswa menalar dengan mandiri atau dapat berdiskusi

3.      Guru membimbing siswa untuk bernalar.

guru memberikan pertanyaan-pertanyaan yang mencing siswa untuk berpikir mengenai sifat-sifat himpunan seperti kardinalitas himpunan dan himpunan bagian

 

Langkah 5. Mengkomunikasi

1.      Salah satu peserta didik mempresentasikan hasil diskusi/ pekerjaannya.

2.      Peserta didik yang lain memberikan tanggapan atas presentasi yang disajikan, meliputi : bertanya, mengkonfirmasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya

3.      Guru memberi umpan balik atau konfirmasi.

90 menit

Penutup

1.      Peserta   didik   menyimpulkan   materi   yang   telah dipelajari  dengan  merespon  pertanyaan  guru  yang sifatnya menuntun dan menggali

2.      Peserta didik merefleksi penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan penguasaan materi.

 

3.      Peserta  didik  saling  memberikan  umpan  balik  hasil refleksi yang dilakukan

4.      Guru  memberikan  tugas  mandiri  sebagai  pelatihan keterampilan dalam menyelesaikan masalah matematika  yang  berkaitan  dengan  sifat-sifat himpunan seperti kardinalitas himpunan dan himpunan bagian.

5.      Melaksanakan  postes  terkait  tentang  sifat-sifat himpunan seperti kardinalitas himpunan dan himpunan bagian.

6.      Peserta didik mendengarkan arahan guru untuk materi pada pertemuan berikutnya

7.      Guru memberikan tugas

20 menit

Penugasan:

1. Tentukan kardinalitas himpunan dari himpunan-himpunan berikut.

a. A = {sepeda motor, mobil, truk }

b. B = {jeruk, apel, mangga, durian}

c. C = himpunan bilangan genap kurang dari 10

d. D = himpunan warna pelangi

2. Diketahui himpunan A = {h, a, r, u, m} dan B = {m, u, r, a, h}.

a. Selidiki apakah A B?

b. Selidiki apakah B A?

c. Perhatikan anggota himpunan A dan B, kesimpulan apa yang bisa kamu temukan?

 

Pertemuan 4 (Keempat) (2 Jam Pelajaran/80 menit)

 

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi waktu

Pendahuluan

1.      Peserta didik melakukan do’a sebelum belajar (meminta seorang peserta didik untuk memimpin do’a)

2.      Guru mengecek kehadiran peserta didik dan meminta peserta didik untuk mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan

3.      Dengan tanya jawab, guru mengecek pemahaman peserta didik  tentang sifat-sifat himpunan seperti himpunan kuasa dan kesamaan dua himpunan

4.      Guru memotivasi peserta didik dengan menyampaikan bahwa materi himpunan himpunan kuasa dan kesamaan dua himpunan sangat penting dalam kehidupan sehari-hari dan menjadi prasyarat untuk mempelajari materi berikutnya.

5.      Guru menyampaikan indikator pencapaian kompetensi dan tujuan pembelajaran.

10 menit

Inti

1.      Guru menyampaikan rencana kegiatan yang akan dilakukan peserta didik hari ini, yaitu peserta didik akan bekerja secara berkelompok yang terdiri dari 4 – 5 siswa.

2.      Guru membagi siswa menjadi 7 kelompok yang terdiri 4 – 5 siswa.

 

Langkah 1. Mengamati

3.      Guru menampilkan gambar mengenai himpunan kuasa dan kesamaan dua himpunan.

4.      Peserta didik mengamati gambar yang ditanyangkan

5.      Guru meminta siswa untuk memberikan contoh-contoh himpunan kuasa dan kesamaan dua himpunan

6.      guru memberi penjelasan mengenai himpunan kuasa dan kesamaan dua himpunan.

 

Langkah 2. Menanya

7.      Peserta didik didorong untuk mengajukan pertanyaan berdasarkan pengamatan pada gambar yang berkaitan dengan himpunan kuasa dan kesamaan dua himpunan

8.      guru  memberikan pertanyaan-pertanyaan mengenai himpunan kuasa dan kesamaan dua himpunan.

9.      Guru memberi motivasi, pancingan pertanyaan, contoh pertanyaan, dan cara lain agar mampu membuat pertanyaan tentang sifat-sifat himpunan seperti himpunan kuasa dan kesamaan dua himpunan

10.  Jawablah pertanyaan yang terkait erat dengan himpunan kuasa dan kesamaan dua himpunan yang mampu membuat

11.  Berilah nilai afektif untuk siswa pertanyaan dengan baik.

 

Langkah 3. Mengumpulkan data

12.  Peserta didik secara berpasangan menyelesaikan lembar kerja yang diberikan oleh guru.

13.  Guru membimbing siswa untuk mengerjakan lembar kerja.

14.  Guru membimbing siswa untuk mencari sumber informasi dari buku paket, buku LKS

 

Langkah 4. Menalar

15.  Peserta didik menyimpulkan sifat-sifat himpunan seperti himpunan kuasa dan kesamaan dua himpunan.

16.  Minta siswa menalar dengan mandiri atau dapat berdiskusi

17.  Guru membimbing siswa untuk bernalar.

 

18.  guru memberikan pertanyaan-pertanyaan yang mencing siswa untuk berpikir mengenai sifat-sifat himpunan seperti himpunan kuasa dan kesamaan dua himpunan

 

Langkah 5. Mengkomunikasi

19.  Salah satu peserta didik mempresentasikan hasil diskusi/ pekerjaannya.

20.  Peserta didik yang lain memberikan tanggapan atas presentasi yang disajikan, meliputi : bertanya, mengkonfirmasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya

21.  Guru memberi umpan balik atau konfirmasi.

60 menit

Penutup

1.      Peserta   didik   menyimpulkan   materi   yang   telah dipelajari  dengan  merespon  pertanyaan  guru  yang sifatnya menuntun dan menggali

2.      Peserta didik merefleksi penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan penguasaan materi.

3.      Peserta  didik  saling  memberikan  umpan  balik  hasil refleksi yang dilakukan

4.      Guru  memberikan  tugas  mandiri  sebagai  pelatihan keterampilan dalam menyelesaikan masalah matematika  yang  berkaitan  dengan  sifat-sifat himpunan seperti himpunan kuasa dan kesamaan dua himpunan.

5.      Melaksanakan  postes  terkait  tentang  sifat-sifat himpunan seperti himpunan kuasa dan kesamaan dua himpunan.

6.      Peserta didik mendengarkan arahan guru untuk materi pada pertemuan berikutnya

7.      Guru memberikan tugas

10 menit

Penugasan:

1. Tentukan himpunan kuasa dari himpunan-himpunan berikut.

a. A = {sepeda motor, mobil, truk }

b. B = {jeruk, apel, mangga, durian}

2. Diketahui himpunan A = {h, a, r, u, m} dan B = {m, u, r, a, h}. Apakah himpunan A dan B ekuivalen? berikan alasannya

 

 

 

 

 

Pertemuan 5 (Kelima) (3 Jam Pelajaran/120 menit)

 

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi waktu

Pendahuluan

1.      Peserta didik melakukan do’a sebelum belajar (meminta seorang peserta didik untuk memimpin do’a).

2.      Guru mengecek kehadiran peserta didik dan meminta peserta didik untuk mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan.

3.      Dengan tanya jawab, guru mengecek pemahaman peserta didik  tentang operasi himpunan seperti irisan.

4.      Guru memotivasi peserta didik dengan menyampaikan bahwa materi operasi himpunan seperti irisan sangat penting dalam kehidupan sehari-hari dan menjadi prasyarat untuk mempelajari materi berikutnya.

5.      Guru menyampaikan indikator pencapaian kompetensi dan tujuan pembelajaran.

10 menit

Inti

1.      Guru menyampaikan rencana kegiatan yang akan dilakukan peserta didik hari ini, yaitu peserta didik akan bekerja secara berkelompok yang terdiri dari 4 – 5 siswa.

2.      Guru membagi siswa menjadi 7 kelompok yang terdiri 4 – 5 siswa.

 

Langkah 1. Mengamati

3.      Guru menampilkan beberapa gambar diagram venn dengan berbagai jenis.

4.      Peserta didik mengamati gambar yang ditanyangkan.

5.      Guru meminta siswa untuk menentukan irisan dari diagram venn tersebut.

Guru memberi penjelasan mengenai operasi himpunan seperti irisan.

 

Langkah 2. Menanya

6.      Peserta didik didorong untuk mengajukan pertanyaan berdasarkan pengamatan pada gambar yang berkaitan dengan operasi himpunan seperti irisan.

7.      Guru  memberikan pertanyaan-pertanyaan mengenai operasi himpunan seperti irisan.

8.      Guru memberi motivasi, pancingan pertanyaan, contoh pertanyaan, dan cara lain agar mampu membuat pertanyaan tentang irisan.

9.      Jawablah pertanyaan yang terkait erat dengan himpunan kuasa dan kesamaan dua himpunan yang mampu membuat

Langkah 3. Mengumpulkan data

10.  Peserta didik secara berpasangan menyelesaikan lembar kerja yang diberikan oleh guru.

11.  Guru membimbing siswa untuk mengerjakan lembar kerja.

12.  Guru membimbing siswa untuk mencari sumber informasi dari buku paket, buku LKS

 

Langkah 4. Menalar

13.  Peserta didik menyimpulkan operasi himpunan seperti irisan.

14.  Guru meminta siswa menalar dengan mandiri atau dapat berdiskusi.

15.  Guru membimbing siswa untuk bernalar.

Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan yang mancing siswa untuk berpikir mengenai operasi himpunan seperti irisan.

 

Langkah 5. Mengkomunikasi

16.  Salah satu peserta didik mempresentasikan hasil diskusi/ pekerjaannya.

17.  Peserta didik yang lain memberikan tanggapan atas presentasi yang disajikan, meliputi : bertanya, mengkonfirmasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya

18.  Guru memberi umpan balik atau konfirmasi.

 

90 menit

Penutup

1.      Peserta   didik   menyimpulkan   materi   yang   telah dipelajari  dengan  merespon  pertanyaan  guru  yang sifatnya menuntun dan menggali

2.      Peserta didik merefleksi penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan penguasaan materi.

3.      Peserta  didik  saling  memberikan  umpan  balik  hasil refleksi yang dilakukan

4.      Guru  memberikan  tugas  mandiri  sebagai  pelatihan keterampilan dalam menyelesaikan masalah matematika  yang  berkaitan  dengan  operasi himpunan seperti irisan.

5.      Melaksanakan  postes  terkait  tentang  operasi himpunan seperti irisan.

6.      Peserta didik mendengarkan arahan guru untuk materi pada pertemuan berikutnya

7.      Guru memberikan tugas

 

 

20 menit

Penugasan:

1.      Diketahui

A ={bilangan asli kurang dari 20}

B = {bilangan asli genap kurang dari 15}

C ={bilangan asli ganjil kurang dari 10}

D ={bilangan asli lebih dari 7 dan kurang dari 15}

Tentukanlah:

a. Tentukan anggota dari himpunan A, B, C, dan D

b. Tentukan anggota dari B C, B D, dan C D

c. Gambarlah diagram Venn-nya

2. Dalam suatu kelas terdapat 36 siswa. Diantaranya ada 18 siswa gemar pelajaran Matematika, 20 siswa gemar Bahasa Indonesia, dan 2 siswa tidak gemar keduanya.

a. Gambarlah diagram Venn dari keterangan tersebut

b. Tentukan banyak siswa dalam kelas tersebut

 

Pertemuan 6 (Keenam) (2 Jam Pelajaran/80 menit)

 

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi waktu

Pendahuluan

1.      Peserta didik melakukan do’a sebelum belajar (meminta seorang peserta didik untuk memimpin do’a).

2.      Guru mengecek kehadiran peserta didik dan meminta peserta didik untuk mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan.

3.      Dengan tanya jawab, guru mengecek pemahaman peserta didik  tentang operasi himpunan seperti gabungan.

4.      Guru memotivasi peserta didik dengan menyampaikan bahwa materi operasi himpunan seperti gabungan sangat penting dalam kehidupan sehari-hari dan menjadi prasyarat untuk mempelajari materi berikutnya.

5.      Guru menyampaikan indikator pencapaian kompetensi dan tujuan pembelajaran.

10 menit

Inti

1.      Guru menyampaikan rencana kegiatan yang akan dilakukan peserta didik hari ini, yaitu peserta didik akan bekerja secara berkelompok yang terdiri dari 4 – 5 siswa.

2.      Guru membagi siswa menjadi 7 kelompok yang terdiri 4 – 5 siswa.

 

 

Langkah 1. Mengamati

3.      Guru menampilkan beberapa gambar diagram venn dengan berbagai jenis.

4.      Peserta didik mengamati gambar yang ditanyangkan.

5.      Guru meminta siswa untuk menentukan gabungan dari diagram venn tersebut.

6.      Guru memberi penjelasan mengenai operasi himpunan seperti gabungan.

 

Langkah 2. Menanya

7.      Peserta didik didorong untuk mengajukan pertanyaan berdasarkan pengamatan pada gambar yang berkaitan dengan operasi himpunan seperti gabungan.

8.      Guru  memberikan pertanyaan-pertanyaan mengenai operasi himpunan seperti gabungan.

9.      Guru memberi motivasi, pancingan pertanyaan, contoh pertanyaan, dan cara lain agar mampu membuat pertanyaan tentang operasi himounan tentang gabungan.

10.  Jawablah pertanyaan yang terkait erat dengan operasi himpunan seperti gabungan yang mampu membuat

11.  Berilah nilai afektif untuk siswa pertanyaan dengan baik.

 

Langkah 3. Mengumpulkan data

12.  Peserta didik secara berpasangan menyelesaikan lembar kerja yang diberikan oleh guru.

13.  Guru membimbing siswa untuk mengerjakan lembar kerja.

14.  Guru membimbing siswa untuk mencari sumber informasi dari buku paket, buku LKS dan internet.

 

Langkah 4. Menalar

15.  Peserta didik menyimpulkan operasi himpunan seperti gabungan.

16.  Guru meminta siswa menalar dengan mandiri atau dapat berdiskusi.

17.  Guru membimbing siswa untuk bernalar.

18.  Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan yang mancing siswa untuk berpikir mengenai operasi himpunan seperti gabungan.

 

Langkah 5. Mengkomunikasi

19.  Salah satu peserta didik mempresentasikan hasil diskusi/ pekerjaannya.

20.  Peserta didik yang lain memberikan tanggapan atas presentasi yang disajikan, meliputi : bertanya, mengkonfirmasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya

21.  Guru memberi umpan balik atau konfirmasi.

 

60 menit

Penutup

1.      Peserta   didik   menyimpulkan   materi   yang   telah dipelajari  dengan  merespon  pertanyaan  guru  yang sifatnya menuntun dan menggali

2.      Peserta didik merefleksi penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan penguasaan materi.

3.      Peserta  didik  saling  memberikan  umpan  balik  hasil refleksi yang dilakukan

4.      Guru  memberikan  tugas  mandiri  sebagai  pelatihan keterampilan dalam menyelesaikan masalah matematika  yang  berkaitan  dengan  operasi himpunan seperti gabungan.

5.      Melaksanakan  postes  terkait  tentang  operasi himpunan seperti gabungan.

6.      Peserta didik mendengarkan arahan guru untuk materi pada pertemuan berikutnya

7.      Guru memberikan tugas

10 menit

Penugasan:

1.      Diketahui himpunan A ={1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8}, himpunan B = {1, 3, 5, 7}, C = {1, 2, 3, 4}, himpunan D = {4, 5, 6, 7}, tentukan anggota-anggota dari

a. A B

b. A C

c. A D

d. B C

e. B D

f. C D

2. Dalam suatu kelas terdapat 26 siswa gemar pelajaran Matematika, 20 siswa gemar Bahasa Indonesia, 10 siswa gemar keduanya, dan 5 siswa tidak gemar keduanya.

a. Gambarlah diagram Venn dari keterangan tersebut

b. Tentukan banyak siswa dalam kelas tersebut

 

 

 

 

 

 

Pertemuan 7 (Ketujuh) (3 Jam Pelajaran/120 menit)

 

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi waktu

Pendahuluan

1.      Peserta didik melakukan do’a sebelum belajar (meminta seorang peserta didik untuk memimpin do’a).

2.      Guru mengecek kehadiran peserta didik dan meminta peserta didik untuk mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan.

3.      Dengan tanya jawab, guru mengecek pemahaman peserta didik  tentang operasi himpunan seperti selisih.

4.      Guru memotivasi peserta didik dengan menyampaikan bahwa materi operasi himpunan seperti selisih sangat penting dalam kehidupan sehari-hari dan menjadi prasyarat untuk mempelajari materi berikutnya.

5.      Guru menyampaikan indikator pencapaian kompetensi dan tujuan pembelajaran.

10 menit

Inti

1.      Guru menyampaikan rencana kegiatan yang akan dilakukan peserta didik hari ini, yaitu peserta didik akan bekerja secara berkelompok yang terdiri dari 4 – 5 siswa.

2.      Guru membagi siswa menjadi 7 kelompok yang terdiri 4 – 5 siswa.

 

Langkah 1. Mengamati

3.      Guru menampilkan beberapa gambar diagram venn dengan berbagai jenis.

4.      Peserta didik mengamati gambar yang ditanyangkan.

5.      Guru meminta siswa untuk menentukan selisih dari diagram venn tersebut.

Guru memberi penjelasan mengenai himpunan seperti selisih.

 

Langkah 2. Menanya

6.      Peserta didik didorong untuk mengajukan pertanyaan berdasarkan pengamatan pada gambar yang berkaitan dengan operasi himpunan seperti selisih.

7.      Guru  memberikan pertanyaan-pertanyaan mengenai operasi himpunan seperti selisih.

8.      Guru memberi motivasi, pancingan pertanyaan, contoh pertanyaan, dan cara lain agar mampu membuat pertanyaan tentang operasi himpunan seperti selisih.

9.      Jawablah pertanyaan yang terkait erat dengan operasi himpunan seperti selisih yang mampu membuat

Langkah 3. Mengumpulkan data

10.  Peserta didik secara berpasangan menyelesaikan lembar kerja yang diberikan oleh guru.

11.  Guru membimbing siswa untuk mengerjakan lembar kerja.

12.  Guru membimbing siswa untuk mencari sumber informasi dari buku paket, buku LKS

 

 

Langkah 4. Menalar

13.  Peserta didik menyimpulkan operasi himpunan seperti selisih.

14.  Guru meminta siswa menalar dengan mandiri atau dapat berdiskusi.

15.  Guru membimbing siswa untuk bernalar.

16.  Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan yang mancing siswa untuk berpikir mengenai operasi himpunan seperti selisih.

 

Langkah 5. Mengkomunikasi

17.  Salah satu peserta didik mempresentasikan hasil diskusi/ pekerjaannya.

18.  Peserta didik yang lain memberikan tanggapan atas presentasi yang disajikan, meliputi : bertanya, mengkonfirmasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya

19.  Guru memberi umpan balik atau konfirmasi.

 

90 menit

Penutup

1.      Peserta   didik   menyimpulkan   materi   yang   telah dipelajari  dengan  merespon  pertanyaan  guru  yang sifatnya menuntun dan menggali

2.      Peserta didik merefleksi penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan penguasaan materi.

3.      Peserta  didik  saling  memberikan  umpan  balik  hasil refleksi yang dilakukan

4.      Guru  memberikan  tugas  mandiri  sebagai  pelatihan keterampilan dalam menyelesaikan masalah matematika  yang  berkaitan  dengan  operasi himpunan seperti selisih.

5.      Melaksanakan  postes  terkait  tentang  operasi himpunan seperti selisih.

6.      Peserta didik mendengarkan arahan guru untuk materi pada pertemuan berikutnya

7.      Guru memberikan tugas

20 menit

Penugasan:

1.      Dalam suatu kelas terdapat 30 orang siswa yang senang dengan pelajaran matematika, 25 orang siswa senang dengan pelajaran fisika, dan 10 orang siswa senang pelajaran matematika dan fisika.

a. Gambarlah diagram Venn dari keterangan di atas.

b. Berapa orang siswa yang hanya senang pelajaran matematika?

c. Berapa orang siswa yang hanya senang pelajaran fisika?

d. Berapa banyak siswa dalam kelas itu?

2. Di Desa Sabulan yang terletak di pulau Samosir terdapat 100 rumah tangga. Dari jumlah tersebut 60 rumah tangga memelihara ternak ayam, 35 rumah tangga memelihara ternak kambing, 45 rumah tangga memelihara ternak sapi, 15 rumah tangga memelihara ternak ayam dan ternak kambing, 5 rumah tangga memelihara ternak kambing dan ternak sapi, 20 rumah tangga memelihara ternak ayam dan ternak sapi. Jika 5 rumah tangga memelihara ketiga ternak itu, selesaikanlah permasalahan berikut!

a. Gambarkanlah diagram Venn dari keterangan di atas.

b. Berapa rumah tangga yang hanya memelihara ternak ayam?

c. Berapa rumah tangga yang hanya memelihara ternak kambing?

d. Berapa rumah tangga yang hanya memelihara ternak sapi?

e. Berapa rumah tangga yang tidak memelihara ternak ketiga-tiganya?

 

 

Pertemuan 8 (Kedelapan) (2 Jam Pelajaran/80 menit)

 

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi waktu

Pendahuluan

1.      Peserta didik melakukan do’a sebelum belajar (meminta seorang peserta didik untuk memimpin do’a).

2.      Guru mengecek kehadiran peserta didik dan meminta peserta didik untuk mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan.

3.      Dengan tanya jawab, guru mengecek pemahaman peserta didik  tentang operasi himpunan seperti komplemen dan sifat-sifat operasi himpunan.

4.      Guru memotivasi peserta didik dengan menyampaikan bahwa materi operasi himpunan seperti komplemen dan sifat-sifat operasi himpunan. sangat penting dalam kehidupan sehari-hari dan menjadi prasyarat untuk mempelajari materi berikutnya.

5.      Guru menyampaikan indikator pencapaian kompetensi dan tujuan pembelajaran.

 

10 menit

Inti

1.      Guru menyampaikan rencana kegiatan yang akan dilakukan peserta didik hari ini, yaitu peserta didik akan bekerja secara berkelompok yang terdiri dari 4 – 5 siswa.

2.      Guru membagi siswa menjadi 7 kelompok yang terdiri 4 – 5 siswa.

 

Langkah 1. Mengamati

3.      Guru menampilkan beberapa gambar diagram venn dengan berbagai jenis.

4.      Peserta didik mengamati gambar yang ditanyangkan.

5.      Guru meminta siswa untuk menentukan komplemen dari diagram venn tersebut dan komplemen dan sifat-sifat operasi himpunan.

6.      Guru memberi penjelasan mengenai operasi himpunan seperti komplemen dan sifat-sifat operasi himpunan.

 

Langkah 2. Menanya

7.      Peserta didik didorong untuk mengajukan pertanyaan berdasarkan pengamatan pada gambar yang berkaitan dengan operasi himpunan seperti komplemen dan sifat-sifat operasi himpunan.

8.      Guru  memberikan pertanyaan-pertanyaan mengenai operasi himpunan seperti komplemen dan sifat-sifat operasi himpunan..

9.      Guru memberi motivasi, pancingan pertanyaan, contoh pertanyaan, dan cara lain agar mampu membuat pertanyaan tentang operasi himpunan seperti komplemen dan sifat-sifat operasi himpunan.

10.  Jawablah pertanyaan yang terkait erat dengan operasi himpunan seperti komplemen dan sifat-sifat operasi himpunan.yang mampu membuat

11.  Berilah nilai afektif untuk siswa pertanyaan dengan baik.

 

Langkah 3. Mengumpulkan data

12.  Peserta didik secara berpasangan menyelesaikan lembar kerja yang diberikan oleh guru.

13.  Guru membimbing siswa untuk mengerjakan lembar kerja.

14.  Guru membimbing siswa untuk mencari sumber informasi dari buku paket, buku LKS dan internet.

 

Langkah 4. Menalar

15.  Peserta didik menyimpulkan operasi himpunan seperti komplemen dan sifat-sifat operasi himpunan.

16.  Guru meminta siswa menalar dengan mandiri atau dapat berdiskusi.

17.  Guru membimbing siswa untuk bernalar.

Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan yang mancing siswa untuk berpikir mengenai operasi himpunan seperti komplemen dan sifat-sifat operasi himpunan.

 

Langkah 5. Mengkomunikasi

18.  Salah satu peserta didik mempresentasikan hasil diskusi/ pekerjaannya.

19.  Peserta didik yang lain memberikan tanggapan atas presentasi yang disajikan, meliputi : bertanya, mengkonfirmasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya

20.  Guru memberi umpan balik atau konfirmasi.

60 menit

Penutup

1.      Peserta   didik   menyimpulkan   materi   yang   telah dipelajari  dengan  merespon  pertanyaan  guru  yang sifatnya menuntun dan menggali

2.      Peserta didik merefleksi penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan penguasaan materi.

3.      Peserta  didik  saling  memberikan  umpan  balik  hasil refleksi yang dilakukan

4.      Guru  memberikan  tugas  mandiri  sebagai  pelatihan keterampilan dalam menyelesaikan masalah matematika  yang  berkaitan  dengan  operasi himpunan seperti komplemen dan sifat-sifat operasi himpunan.

5.      Melaksanakan  postes  terkait  tentang  operasi himpunan seperti komplemen dan sifat-sifat operasi himpunan.Peserta didik mendengarkan arahan guru untuk materi pada pertemuan berikutnya

6.      Guru memberikan tugas

10 menit

Penugasan:

1.      Diketahui

S = {bilangan asli kurang dari 15}

P = {1, 2, 3, 4, 5, 6}

Q = {5, 6,7, 8, 9}

Tentukan

a. Pc

b. Qc

c. (P Q)c

   d. (P Q)c

 

2. Jika A adalah himpunan kosong, apakah berlaku A A = A? Diskusikan dengan temanmu.

3. Jika A adalah himpunan kosong, apakah berlaku A A = A? Diskusikan dengan temanmu.

 

Pertemuan 9 (Kesembilan) (3 Jam Pelajaran/120 menit)

 

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi waktu

Pendahuluan

1.      Peserta didik melakukan do’a sebelum belajar (meminta seorang peserta didik untuk memimpin do’a)

2.      Guru mengecek kehadiran peserta didik dan meminta peserta didik untuk mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan

3.      Peserta didik menerima informasi tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan materi yang memiliki keterkaitan dengan materi sebelumnya.

4.      Peserta didik menerima informasi tentang kompetensi, ruang   lingkup   materi,   tujuan,   manfaat, langkah pembelajaran, metode penilaian yang akan dilaksanakan yang ditayangkan

5.      Guru bertanya mencari informasi tentang himpunan dalam  kehidupan  sehari-hari  dan peserta  didik  menjawab  dengan  prediksi  masing – masing

6.      Guru  mengaitkan materi himpunan yang diajarkan dengan kehidupan nyata

10 menit

Inti

Langkah 1. Evaluasi

1.      Guru membagikan soal ulangan dan peserta didik membaca petunjuk,  mengamati  soal ulangan (soal ulangan  berisi  tentang permasalahan  himpunan).

2.      Guru memotivasi peserta didik untuk menuliskan dan menanyakan permasalahan hal-hal yang belum dipahami dari masalah yang disajikan  dalam  soal ulangan  serta  guru  mempersilahkan peserta didik dalam kelompok lain untuk memberikan  tanggapan,  bila  diperlukan  guru memberikan bantuan komentar secara klasikal

3.      Peserta didik memperhatikan dan mengamati penjelasan yang diberikan guru yang terkait  dengan  permasalahan  bilangan secara umum

4.      Peserta   didik   mengamati setiap soal yang diberikan dan menyelesaikan masalah.

5.      Mengidentifikasi hubungan materi himpunan.

6.      Menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan soal himpunan.

7.      Peserta didik melakukan eksplorasi seperti dalam poin 10, dimana mereka juga diharapkan mengaitkan dengan kehidupan nyata

8.      Guru berkeliling mencermati peserta didik dalam kelompok dan menemukan berbagai kesulitan yang di alami peserta didik dan memberikan kesempatan untuk mempertanyakan hal-hal yang belum dipahami

9.      Guru memberikan bantuan kepada peserta didik dalam  kelompok  untuk  masalah-masalah  yang dianggap sulit oleh peserta didik

10.  Guru mengarahkan peserta didik dalam kelompok untuk menyelesaikan permasahan dengan cermat dan teliti.

11.  Guru meminta peserta didik untuk mendiskusikan cara yang digunakan untuk menemukan semua kemungkinan pemecahan masalah terkait masalah yang diberikan

12.  Peserta didik masing-masing dengan bimbingan guru untuk dapat mengaitkan, merumuskan, dan menyimpulkan materi bilangan serta memberikan bantuan untuk menyajikan hasil pemecahan masalah yang telah diperoleh.

13.  Peserta didik menyusun laporan hasil diskusi penyelesaian masalah yang diberikan terkait materi bilangan.

90 menit

Penutup

Langkah 2. Refleksi

1.      Peserta  didik  melakukan  reflesi,  resume  dan membuat kesimpulan secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari materi yang yang telah dipelajari terkait materi himpunan.

2.      Guru memberikan apresiasi atas partisipasi semua peserta didik

3.      Peserta didik mendengarkan arahan guru untuk materi pada pertemuan berikutnya.

4.      Untuk  memberi  penguatan  materi  yang  telah  di pelajari,  guru  memberikan  arahan  untuk  mencari referensi  terkait  materi  yang  telah  dipelajari  baik melalui  buku-buku  di  perpustakaan  atau  mencari  di internet.

20 menit

Penugasan:

1.      Mempelajari materi aljabar mengenai unsur-unsur aljabar.

2.      Mempelajari materi tentang unsur-unsur aljabar.

 

 

 

I.       Penilaian

1.      Teknik penilaian

a.       Sikap spiritual

Tulis satu atau lebih teknik penilaian sikap spiritual dan tuangkan dalam tabel.

 

No.

Teknik

Bentuk

Instrumen

Contoh Butir

Instrumen

Waktu

Pelaksanaan

Keterangan

1.

Observasi

Jurnal

terlampir

Saat

pembelajaran

berlangsung

Penilaian untuk dan

pencapaian

pembelajaran

2.

Penilaian

diri

 

terlampir

Saat

pembelajaran

usai

Penilaian sebagai

pembelajaran

 

3.

Penilaian

antar teman

 

terlampir

Saat

pembelajaran

usai

Penilaian sebagai

pembelajaran

 

 

b.      Sikap sosial

Tulis satu atau lebih teknik penilaian sikap sosial dan tuangkan dalam tabel.

 

No.

Teknik

Bentuk

Instrumen

Contoh Butir

Instrumen

Waktu

Pelaksanaan

Keterangan

1.

Observasi

Jurnal

terlampir

Saat

pembelajaran

berlangsung

Penilaian untuk dan

pencapaian

pembelajaran

2.

Penilaian

diri

 

terlampir

Saat

pembelajaran

usai

Penilaian sebagai

pembelajaran

3.

Penilaian

antar teman

 

terlampir

Saat

pembelajaran

usai

Penilaian sebagai

pembelajaran

 

 

c.    Pengetahuan

 

No.

Teknik

Bentuk

Instrumen

Contoh Butir

Instrumen

Waktu

Pelaksanaan

Keterangan

1.

Lisan

Pertanyaan (lisan) dengan jawaban terbuka

terlampir

Saat

pembelajaran

berlangsung

Penilaian untuk

pembelajaran

 

2.

Penugasan

Pertanyaan dan/atau

tugas tertulis

berbentuk esei,

pilihan ganda, benarsalah, menjodohkan,

isian, dan/atau

lainnya

terlampir

Saat

pembelajaran

berlangsung

Penilaian sebagai

pembelajaran

Penilaian untuk

pembelajaran

dan

sebagai

pembelajaran

3.

Tertulis

Pertanyaan dan/atau

tugas tertulis

berbentuk esei,

pilihan ganda, benarsalah, menjodohkan,

isian, dan/atau

lainnya

terlampir

Saat

pembelajaran

usai

Penilaian

pencapaian

pembelajaran

 

4.

Portofolio

Sampel pekerjaan

terbaik hasil dari

penugasan atau tes

tertulis

 

Saat

pembelajaran

usai

Data untuk

penulisan deskripsi

pencapaian

pengetahuan

 

 

d.      Keterampilan

 

No.

Teknik

Bentuk

Instrumen

Contoh Butir

Instrumen

Waktu

Pelaksanaan

Keterangan

1.

Praktik

Tugas

(keterampilan)

terlampir

Saat

pembelajaran

berlangsung dan/atau setelah usai

Penilaian untuk,

sebagai, dan/atau

pencapaian

pembelajaran

2.

Produk

Tugas

(keterampilan)

terlampir

Saat

pembelajaran

berlangsung dan/atau setelah usai

Penilaian untuk,

sebagai, dan/atau

pencapaian

pembelajaran

3.

Proyek

Tugas besar

terlampir

Saat

pembelajaran

berlangsung

Penilaian untuk,

sebagai, dan

pencapaian

pembelajaran

4.

Portofolio

Sampel pekerjaan

terbaik hasil dari

penugasan atau tes

tertulis

 

Saat

pembelajaran

usai

Penilaian untuk

pembelajaran dan

sebagai data untuk

penulisan deskripsi

pencapaian

keterampilan

 

2.      Pembelajaran Remedial

Tulis kegiatan pembelajaran remedial antara lain dalam bentuk:

o  pembelajaran ulang

o  bimbingan perorangan

o  belajar kelompok

o  pemanfaatan tutor sebaya bagi peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar sesuai hasil analisis penilaian.

 

3.      Pembelajaran Pengayaan

Berdasarkan hasil analisis penilaian, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pembelajaran pengayaan untuk perluasan dan/atau pendalaman materi (kompetensi) antara lain dalam bentuk tugasmengerjakan soal-soal dengan tingkat kesulitan lebih tinggi, meringkas buku-buku referensi dan mewawancarai narasumber.

 

 

 

  

Mengetahui,

Kepala SMP Negeri 2 Syamtalira Bayu

 

 

 

( Assuadi, S.Pd )

NIP : 19690305 200604 1003

 

Bayu,                          20

Guru Mapel

 

 

 

( Marzuki, S.Pd )

NIP :

 

 

 

 


Sumber :

http://blokgurubelajar.blogspot.com/2018/09/rpp-k-13-matematika-smp-kelas-vii.html

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar