UNIVERSITAS PATTIMURA

Hallo Guys Welcome to My Blog

Senin, 21 Desember 2020

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

 

Satuan Pendidikan             : SMAN 2 Karau Kuala

Kelas / Semester                : XII / I

Mata Pelajaran                   : Matematika

Materi Pokok                     : Statistika

Sub Materi Pokok              : Ukuran Pemusatan Data Berkelompok

Alokasi Waktu                   : 2 × 45 menit (1 kali pertemuan)

 

 

 

A.   Kompetensi Inti

 

KI 1

:

Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

KI 2

:

Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam  berinteraksi  secara  efektif  dengan  lingkungan  sosial  dan  alam  serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

KI 3

:

Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

KI 4

:

Mengolah,  menalar,  dan  menyaji  dalam  ranah  konkret  dan  ranah  abstrak terkait  dengan  pengembangan  dari  yang  dipelajarinya  di  sekolah  secara

mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

 

 


B.   Kompetensi Dasar


 

 

Kompetensi Dasar


3.2  Menentukan dan menganalisis ukuran pemusatan dan penyebaran data yang disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan histogram


4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penyajian data hasil pengukuran dan pencacahan dalam tabel distribusi frekuensi dan histrogram


C.   Indikator Pencapaian Kompetensi

3.2.1   Mengidentifikasi fakta pada ukuran pemusatan data berkelompok.

3.2.2   Menentukan ukuran pemusatan data berkelompok

3.2.3   Menganalisis ukuran pemusatan data berkelompok.

4.2.1    Menyelesaikan   masalah   yang   berkaitan   dengan   ukuran   pemusatan   data berkelompok.

4.2.2    Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan ukuran pemusatan data berkelompok.

 

 

D.   Tujuan Pembelajaran

1.   Peserta didik dapat mengidentifikasi fakta pada ukuran pemusatan data berkelompok.

2.   Peserta didik dapat menentukan ukuran pemusatan data berkelompok

3.   Peserta didik dapat menganalisis ukuran pemusatan data berkelompok.

4.   Peserta didik dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan ukuran pemusatan data berkelompok.

5.   Peserta didik dapat menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan ukuran pemusatan data berkelompok.

 

 

E.   Materi Pembelajaran

Statistika

    Ukuran Pemusatan Data Berkelompok yaitu Mean (nilai rata-rata), Median, dan

Modus

 

 

F.   Model, Pendekatan, dan Metode Pembelajaran

Model Pembelajaran       : Problem Based Learning

 

Pendekatan                      : STEAM

 

Metode                            : Penugasan, tanya jawab, diskusi dan presentasi.

 

 

 

G.   Media dan Bahan

Media                  : Powerpoint

Bahan                  : Laptop dan smartphone.

Sumber Belajar   :

-    Buku Sekolah Elektronik di  http://buku.kemdikbud.go.id

 

-     Materi mean, median, dan modus data kelompok beserta contohnya di http://statistikaonline.com

-    Modul Pdf oleh Dewi Fatimah

 

-    LKPD


H.  Langkah-langkah Pembelajaran

 

Kegiatan

Deskripsi

Waktu

Unsur Inovatif

Pendahuluan

 

10 Menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Science

1.  Guru memberi salam pada dan meminta

 

mengisi absen pada link google form yang ada pada lms (google classroom).

 

 

2.  Peserta didik berdoa

 

 

 

3.  Tanya jawab untuk mereview kembali pembahasan pada pertemuan sebelumnya sebagai langkah awal untuk melajutkan pembelajaran selanjutnya (materi penyajian data dan distribusi frekuensi) dengan pertanyaan : sebutkan bentuk-bentuk penyajian data dan macam-macam distribusi frekuensi?

 

 

4.  Menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dan scenario pembelajaran yaitu menggunakan google meet dan google classroom.

 

 

5.  Membagi peserta didik untuk dikelompokkan secara heterogen (dari sisi kemampuan dan gender)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Vicon 1 (google meet) / Technol ogy

Disiplin (PPK)

 

 

 

 

 

 

Religius (PPK)

 

 

 

 

Collaboration dan Communication (4C)


Inti

 

70 Menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Engineering

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Engineering

Mathematic

Fase 1 :

 

(Orientasi Masalah)

 

1.  Peserta didik mengamati tayangan powerpoint tentang masalah kontekstual yang berkaitan dengan ukuran pemusatan data berkelompok yang dibuat dari kondisi peserta didik seperti nilai matematika yang diperoleh.

2.  Guru memberikan lembar kerja peserta didik

 

(LKPD)

 

Fase 2 :

 

(Mengorganisasikan Peserta Didik)

 

1.  Peserta didik dibagi menjadi kelompok kecil beranggotakan 3-4 orang.

2.  Peserta mempelajari materi baik dari buku elektronik, modul, referensi lain

3.  Peserta didik dalam kelompok melakukan pembelajaran diskusi mengenai ukuran pemusatan data berkelompok melalui lembar kerja peserta didik.

 

 

Fase 3 :

 

(Membimbing Penyelidikan Individu dan

 

Kelompok)

 

1.  Peserta didik menyelesaikan masalah pada LKPD tentang menghitung nilai rata-rata data berkelompok

2.  Guru membimbing penyelidikan dalam mencari alternatif menyelesaikan masalah tersebut (menggunakan rata-rata sementara) dalam LKPD dengan pertanyaan : Adakah cara lain untuk menyelesaikannya?

3.  Peserta didik menyelesaikan masalah pada LKPD tentang menghitung median data berkelompok

4.  Peserta didik menyelesaikan masalah pada LKPD tentang menghitung modus data berkelompok

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Google classroo m / Technolo gy

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gotong royong (PPK) Bekerjasama (Collaboration-

4C)

 

 

 

 

 

 

Critical Thinking-

 

4C

 

 

Critical Thinking-

 

4C

 

 

 

 

Critical Thinking-

 

4C

 

 

 

 

Critical Thinking-

 

4C


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mathematic

Art

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mathematic

Fase 4 :

 

(Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya)

 

1.  Menyajikan Penyelesaian masalah-masalah dalam LKPD l

 

 

2.  Salah satu perwakilan kelompok menunjukkan dengan mempresentasikan kesamaan kedua

   f i xi 

rumus  jika digunakan rumus x

 fi

 

dengan

x  x    f i d i

 i

Fase 5 :

 

(Menganalisa dan mengevaluasi Proses

 

Pemecahan Masalah)

 

1.  Peserta didik membuat kesimpulan yang berkaitan dengan ukuran pemusatan data berkelompok

2.  Guru memberikan penekanan pada bagian- bagian yang penting dari yang telah dipelajari

3.  Peserta didik mengerjakan kuis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Vicon 2 (goole meet) / Technol ogy

 

 

 

Creativity-4C

 

 

 

 

Communication-

 

4C

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

HOTS Communication-

4C

Penutup

 

10 Menit

 

 

1.  Peserta didik membuat refleksi kesimpulan

 

kegiatan hari ini:

 

   Apa yang kamu pelajari hari ini?

 

   Apa yang paling kamu sukai dari pelajaran hari ini?

   Apa yang belum dipahami pada pembelajaran hari ini

2.  Peserta didik menganalisis kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran

3.  Kegiatan belajar ditutup dengan doa yang dipimpin oleh peserta didik

4.  Guru mengucapkan salam

 

 

 

 

 

 

 

Vicon 2 (Google Meet) / Technol ogy

Communication-4C

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

HOTS

 

 

Religius (PPK)

 


 
s                    f


I.    Penilaian

 

Teknik

Bentuk Instrumen

Waktu Pelaksanaan

Keterangan

 

Penilaian diri

 

 

Check list

 

Saat pembelajaran usai

Penilaian sebagai

pembelajaran (assessment as learning)

 

 

Tertulis/Kuis

 

 

Pertanyaan berbentuk

PG

 

 

Setelah pembelajaran usai

Penilaian

pencapaian pembelajaran (assessment of learning)

 

 

 

Praktik

 

 

 

Tugas (keterampilan)

 

 

Saat pembelajaran berlangsung

Penilaian untuk

pencapaian pembelajaran (assessment for learning)

 

 

J.    Pembelajaran Remedial

 

Remedial berlaku bagi peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar sesuai hasil analisis penilaian. Adapun bentuk kegiatan pembelajaran remedial yang dipilih adalah pemanfaatan tutor sebaya.

 

 

K.   Pembelajaran Pengayaan

 

Kegiatan pembelajaran pengayaan diberikan kepada peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar berdasarkan hasil analisis penilaian dalam bentuk meringkas buku-

buku referensi.

 

 

 


Mengetahui

Kepala SMAN 2 Karau Kuala

 

 

 

 

ZAINUL HAKIM, S.Pd, M.Pd

NIP. 19730406 200012 1 005


Buntok,   September 2020

Guru Mapel Matematika

 

 

 

 

DEWI FATIMAH, S.Pd

NIP. 19880714 201503 2 001

Tidak ada komentar:

Posting Komentar