RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMA Negeri 1 Juwana
Mata
Pelajaran :
Matematika-Wajib
Kelas/
Semester : X/1
Materi
Pokok : Relasi dan Fungsi
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran
A.
Tujuan
Pembelajaran:
Dengan kegiatan diskusi dan pembelajaran
kelompok dalam pembelajaran relasi dan fungsi ini diharapkan siswa aktif dalam
kegiatan pembelajaran dan bertanggungjawab dalam menentukan daerah
asal,
daerah kawan,
dan
daerah hasil suatu
relasi, serta menemukan
konsep fungsi.
B.
Kompetensi
Dasar:
2.1 Memiliki motivasi internal,
kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa
percaya diri, dan
sikap toleransi dalam perbedaan strategi
berpikir dalam memilih
dan menerapkan strategi
menyelesaikan
masalah.
2.2 Mampu mentransformasi diri dalam
berperilaku jujur, tangguh
mengadapi
masalah, kritis dan disiplin dalam melakukan tugas belajar
matematika.
2.3 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, rasa ingin
tahu,
jujur dan perilaku peduli lingkungan.
3.6 Mendeskripsikan daerah
asal,
daerah kawan,
dan
daerah hasil suatu
relasi antara dua himpunan
yang disajikan dalam berbagai
bentuk (grafik, himpunan pasangan
terurut,
atau ekspresi simbolik)
3.7 Mengidentifikasi
relasi yang disajikan dalam berbagai
bentuk yang merupakan
fungsi.
4.7 Menerapkan daerah asal, dan daerah hasil
fungsi dalam menyelesaikan masalah.
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi:
1. Terlibat
aktif dalam pembelajaran relasi dan fungsi.
2. Bekerjasama
dalam kegiatan kelompok.
3. Toleran
terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
4. Menjelaskan
pengertian relasi dan sifat-sifatnya
5. Mendeskripsikan
daerah asal, daerah kawan dan daerah hasil suatu relasi antara dua himpunan
yang disajikan dalam berbagai bentuk (grafik, himpunan pasangan terurut, atau
ekspresi simbolik).
6. Membedakan
relasi yang merupakan fungsi dan bukan fungsi.
D.
Materi
Pembelajaran:
1.
Makanan kesukaan
Nia • •Nasi
Goreng
Himpunan
siswa
Himpunan Makanan
Berdasarkan gambar diatas, himpunan
siswa disebut dengan daerah asal,
himpunan makanan disebut daerah kawan,
dan himpunan yang anggotanya adalah anggota daerah kawan yang memiliki pasangan
dengan anggota daerah asal disebut daerah
hasil.
Daerah asal : {Jaya, Hany, Budi, Nia,
Dany}
Daerah Kawan : {Bakso, Mie goreng,
Pizza, Nasi goreng, Martabak}
Daerah Hasil : {Bakso, Mie Goreng, Nasi
goreng, Martabak}
Definisi
5.1 : Misalkan
A dan B adalah himpunan. Relasi dari A ke B adalah aturan pengaitan/pemasangan anggota-anggota A
dengan anggota-anggota B.
Definisi
5.2 : Daerah
Asal (Domain) suatu relasi adalah himpunan tidak kosong dimana sebuah relasi
didefinisikan.
Definisi
5.3 : Daerah Kawan (Kodomain) suatu relasi adalah
himpunan tidak kosong dimana anggota domainmemiliki pasangan sesuai relasi yang
didefinisikan.
Definisi
5.4 : Daerah Hasil (Range) suatu relasiadalah
sebuah himpunan bagian dari daerah kawan (Kodomain) yang anggotanya adalah
pasangan anggota domain yang memenuhi relasi yang didefinisikan.
Definisi
5.5 : Misalkan A dan B adalah dua buah himpunan.
Relasi pasangan berurutan dari A ke B adalah suatu aturan pengaitan yang
memasangkan setiap anggota himpunan A ke setiap anggota himpunan B. Dapat
ditulis
A x B = { (x,y) │
2.
Beberapa Sifat Relasi
1. Sifat
Reflektif
2. Sifat
Simetris
3. Sifat
Transitif
4. Sifat
Anti Simetris
5. Sifat
Ekuivalensi
3.
Fungsi
Definisi
5.6 : Misalkan A
dan B himpunan.
Fungsi f dari A ke B adalah suatu aturan pengaitan yang
memasangkan setiap anggota himpunan A
dengan tepat satu anggota himpunan B.
Ditulis: f : x →y, dibaca fungsi f
memetakan x ke y, sedemikian sehingga y =
f(x)
E.
Metode
Pembelajaran:
Pendekatan pembelajaran adalah
pendekatan scientific. Pembelajaran cooperative learning menggunakan kelompok
diskusi yang berbasis masalah (problem-based learning) dengan metode:
-
Ceramah
-
Diskusi
-
Tanya Jawab
F.
Media
Pembelajaran:
1. Bahan
tayang
2. Penggaris
3. Lembar
kerja siswa
G.
Sumber
Belajar:
1. Buku
matematika pegangan siswa kl X, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik
Indonesia 2013, hal.159-181
H.
Langkah-Langkah
Pembelajaran:
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
Komunikasi 1. Memimpin doa (Meminta seorang siswa untuk memimpin doa) 2. Mengecek kehadiran siswa dan meminta siswa untuk menyiapkan
perlengkapan dan peralatan yang diperlukan, misalnya buku siswa. 3. Meminta siswa untuk menanyakan kesulitan mengenai materi sebelumnya
dan /atau pekerjaan rumah 4. Meminta siswa untuk memberi tanggapan terhadap kesulitan yang muncul 5. Memberikan penguatan terhadap jawaban siswa atau memberikan scaffolding
untuk menyelesaikan masalah tersebut, apabila tidak ada siswa yang memberikan
jawaban yang benar. Apersepsi 1. Guru memberikan gambaran tentang pentingnya memahami relasi
dan fungsi, yaitu materi ini akan sangat penting untuk
pembelajaran selanjutnya, misalnya Persamaan dan Fungsi Kuadrat. 2.
Sebagai apersepsi untuk mendorong
rasa ingin tahu dan berpikir kritis, siswa diajak memecahkan masalah yang
mengaitkan antara himpunan dengan relasi dan fungsi. 3. Guru
memberi motivasi siswa secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi relasi
dan fungsi dalam kehidupan sehari-hari dengan memberi contoh. 4.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
yang ingin dicapai yaitu menentukan domain, kodomain dari suatu relasi dan
membedakan relasi yang merupakan fungsi dan yang bukan fungsi. |
10
menit |
Inti |
1. Fase 1: Orientasi siswa pada masalah: (a) Guru mengajukan masalah 1 yang tertera pada Lembar Aktivitas Siswa
(LAS) dengan bantuan IT (power point). (b) Guru meminta siswa mengamati (membaca) dan memahami masalah secara
individu dan mengajukan hal-hal yang belum dipahami terkait masalah yang
disajikan. (c) Jika ada siswa yang mengalami masalah, guru mempersilahkan siswa lain
untuk memberikan tanggapan. Bila diperlukan, guru memberikan bantuan secara
klasikal melalui pemberian scaffolding. (d) Guru meminta siswa menuliskan informasi yang terdapat dari masalah tersebut
secara teliti dengan menggunakan bahasa sendiri. 2. Fase 2: Mengorganisasikan siswa belajar (a) Guru meminta siswa membentuk kelompok heterogen (dari sisi kemampuan,
gender, budaya, maupun agama) sesuai pembagian kelompok yang telah direncanakan oleh guru. (b) Guru membagikan Lembar Aktivitas Siswa (LAS) yang berisikan masalah
dan langkah-langkah pemecahan serta meminta siswa berkolaborasi untuk
menyelesaikan masalah. (c) Guru berkeliling mencermati siswa bekerja, mencermati dan menemukan
berbagai kesulitan yang dialami siswa, serta memberikan kesempatan kepada
siswa untuk bertanya hal-hal yang belum dipahami. (d) Guru memberi bantuan (scaffolding) berkaitan kesulitan yang
dialami siswa secara individu, kelompok, atau klasikal. (e) Mendorong siswa agar bekerja sama dalam kelompok. 3. Fase 3: Membimbing penyelidikan individu dan kelompok. (a) Dengan media yang disediakan, guru
meminta siswa untuk menyelesaikan masalah, yaitu menghubungkan dua himpunan dengan
menggunakan diagram panah, himpunan pasangan berurutan dan diagram kartesius. (b)
Guru meminta siswa
mendiskusikan deskripsi
daerah asal, daerah kawan dan daerah hasil dari diagram panah, himpunan
pasangan berurutan dan diagram kartesius pada penyelesaian masalah diatas. 4.
Fase 4: Mengembangkan
dan menyajikan hasil karya (a) Guru meminta siswa menyiapkan laporan hasil diskusi kelompok secara
rapi, rinci, dan sistematis. (b) Guru berkeliling mencermati siswa bekerja menyusun laporan hasil
diskusi, dan memberi bantuan, bila diperlukan. (c) Guru meminta siswa menentukan perwakilan kelompok secara musyawarah
untuk menyajikan (mempresentasikan) laporan di depan kelas. 5. Fase 5: Menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. (a) Guru meminta semua kelompok bermusyawarah untuk menentukan satu
kelompok yang mempresentasikan (mengkomunikasikan) hasil diskusinya di depan
kelas secara runtun, sistematis, santun, dan hemat waktu. (b) Guru memberi kesempatan kepada siswa dari kelompok penyaji untuk
memberikan penjelasan tambahan dengan baik. (c) Guru memberi kesempatan kepada siswa dari kelompok lain untuk
memberikan tanggapan terhadap hasil diskusi kelompok penyaji dengan sopan. (d) Guru melibatkan siswa mengevaluasi jawaban kelompok penyaji serta
masukan dari siswa yang lain dan membuat kesepakatan, bila jawaban yang disampaikan
siswa sudah benar. 6. Selanjutnya, dengan tanya jawab, guru mengarahkan siswa
menyatakan definisi daerah asal, daerah kawan dan daerah hasil suatu relasi. 7. Dengan
memperhatikan penyelesaian dari masalah 1, Guru
mengarahkan
siswa untuk membedakan mana relasi yang berupa fungsi dan mana yang bukan
fungsi. 8. Guru mengumpulkan semua hasil diskusi tiap kelompok 9. Dengan tanya jawab, guru mengarahkan semua siswa pada kesimpulan
mengenai permasalahan tersebut. |
60 menit |
Penutup |
1. Siswa diminta menyimpulkan tentang relasi dan
fungsi, daerah asal, daerah kawan dan daerah hasil dari suatu fungsi. 2. Dengan bantuan presentasi komputer, guru menayangkan apa yang telah
dipelajari dan disimpulkan mengenai relasi dan fungsi 3. Guru memberikan tugas PR dari buku siswa Uji Kompetensi 5.1
halaman 179-180 nomor 2-7 4. Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk lebih
mendalami materi fungsi dengan mempelajari berbagai jenis fungsi pada sumber
yang lain. |
5 menit |
I.
Penilaian
Hasil Pembelajaran:
1. Teknik
Penilaian: pengamatan, tes tertulis
2. Prosedur
Penilaian:
No |
Aspek yang dinilai |
Teknik Penilaian |
Waktu Penilaian |
1. |
Sikap a.
Terlibat aktif dalam pembelajaran relasi
dan fungsi. b.
Bekerjasama dalam kegiatan kelompok
dan menyelesaikan masalah. c.
Toleran terhadap proses dan selesaian
pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif. |
Pengamatan |
Selama
pembelajaran dan saat diskusi |
2. |
Pengetahuan a. Menentukan
daerah asal, daerah kawan, dan daerah hasil dari relasi yang berbentuk diagram,
pasangan berurutan dan koordinat kartesius. b. Membedakan
relasi yang merupakan fungsi dan yang bukan fungsi. |
Tes |
15
menit |
3. |
Keterampilan Terampil
menerapkan daerah asal, daerah kawan, daerah hasil suatu fungsi dalam
menyelesaikan masalah. |
Pengamatan
|
Penyelesaian
tugas (kelompok) dan saat diskusi |
3. Instrumen Penilaian: Tes tertulis
1. Tentukan daerah asal, daerah
kawan dan daerah hasil dari relasi berikut.
R
a • b • c • d • e • • 1 • 2 • 3 • 4 • 5
P Q
b). Relasi pasangan berurutan: {(Yaska,
Nora), (Riwanti, Pasaribu), (Felix, Krisantus),
(Ramsida, Dahniar)}
7 o
6 o o
4 o o
2 o o
2 3
4 6 7
2. Dari
ketiga soal diatas, manakah yang merupakan fungsi? Jelaskan jawabanmu!
Pedoman
penilaian/penskoran:
Lampiran 1:
LEMBAR
AKTIVITAS SISWA (LAS)
Masalah
1:
Dalam rangka memperingati HUT RI ke- 67 di
Kabupaten Sorong, SMA Negeri
1 Sorong akan mengirimkan siswanya untuk
mengikuti pertandingan antar
SMA untuk pertandingan sepak bola, bola
volley, bulu tangkis, tenis meja, dan
catur. Terdapat 6 orang siswa (Udin, Joko,
Dayu, Siti, Abdullah, dan Tono)
yang akan mengikuti pertandingan tersebut.
Pasangkanlah siswa dengan
pertandingan yang akan diikuti dengan
ketentuan berikut.
1) Udin ikut pertandingan tenis meja dan bola
volley, Joko ikut
pertandingan bulu tangkis, Dayu ikut
pertandingan catur, Siti ikut
pertandingan bola volley, Abdullah ikut
pertandingan tenis meja, dan Tono
ikut pertandingan tenis meja.
2) Siti ikut pertandingan bola volley, Dayu ikut
pertandingan catur, Joko ikut
pertandingan bulu tangkis, Abdullah dan Tono
ikut pertandingan bola volley.
3) Udin dan Dayu ikut pertandingan sepak bola,
Joko ikut pertandingan
Bulu tangkis, Siti ikut pertandingan bola
volley, Abdullah dan Tono ikut
pertandingan tenis meja.
Penyelesaian:
Himpunan
siswa: {Udin, Joko, Dayu, Siti, Abdullah, Tono}
Himpunan
pertandingan: {sepakbola, bola volley, bulu tangkis, tenis meja, catur}
Gambarkan
hubungan kedua himpunan dengan diagaram panah, himpunan pasangan berurutan, dan
diagram kartesius berdasarkan ketentuan yang diminta.
1.
a. Diagram panah
Udin • Joko • Dayu • Siti • Abdullah • Tono • • sepak bola • bola volley • bulu tangkis • tenis meja •
catur
b. Dengan
himpunan pasangan berurutan
{(Udin, Tenis Meja), (Udin, .........),
(............, bulutangkis), (Dayu,............),
(Siti, .........................),
(....................., tenis meja), (....................., tenis meja)}.
c. Dengan
diagram kartesius
Sepak bola |
|
|
|
|
|
||||||
Bola volley |
|
|
|
|
|
||||||
Bulu tangkis |
|
|
|
|
|
||||||
Tenis meja |
|
|
|
|
|
||||||
catur |
|
|
|
|
|
||||||
Udin |
Joko |
Dayu |
Siti |
Abdullah |
Tono |
2.
a. Diagram panah
Udin • Joko • Dayu • Siti • Abdullah • Tono • • sepak bola • bola volley • bulu tangkis • tenis meja •
catur
b. Dengan
himpunan pasangan berurutan
c. Dengan
diagram kartesius
Sepak bola |
|
|
|
|
|
||||||
Bola volley |
|
|
|
|
|
||||||
Bulu tangkis |
|
|
|
|
|
||||||
Tenis meja |
|
|
|
|
|
||||||
catur |
|
|
|
|
|
||||||
Udin |
Joko |
Dayu |
Siti |
Abdullah |
Tono |
3.
a. Diagram panah
Udin • Joko • Dayu • Siti • Abdullah • Tono • • sepak bola • bola volley • bulu tangkis • tenis meja •
catur
b. Dengan
himpunan pasangan berurutan
c. Dengan
diagram kartesius
Sepak bola |
|
|
|
|
|
||||||
Bola volley |
|
|
|
|
|
||||||
Bulu tangkis |
|
|
|
|
|
||||||
Tenis meja |
|
|
|
|
|
||||||
catur |
|
|
|
|
|
||||||
Udin |
Joko |
Dayu |
Siti |
Abdullah |
Tono |
4.
Tentukan daerah asal, daerah kawan, dan
daerah hasil setiap relasi pada soal-soal diatas.
5.
Yang manakah dari ketiga soal diatas
relasi yang merupakan fungsi?
Mengetahui: Juwana,
Juli 2013
Kepala
SMA Negeri 1 Juwana Guru
Mata Pelajaran,
Budi
Santosa, S.Pd, M.Pd, M.Si Shofiatu
Rohmah, S.Pd
NIP.
19650727 199527 1 003 NIP.
19761220 200012 2 001
Tidak ada komentar:
Posting Komentar