SILABUS
Satuan Pendidikan :
SMP/MTs
Kelas : IX (sembilan)
Kompetensi Inti :
KI 1 |
: |
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya |
KI 2 |
: |
Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya |
KI 3 |
: |
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata |
KI 4 |
: |
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori |
Kompetensi Dasar |
Materi Pembelajaran |
Kegiatan
Pembelajaran |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
1.1 Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya |
|
Pembelajaran
KI 1 dan KI 2 dilakukan secara tidak langsung (terintegrasi) dalam
pembelajaran KI 3 dan KI 4 |
Penilaian
KI 1 dan KI 2 dilakukan melalui observasi, penilaian diri, penilaian teman
sejawat oleh peserta didik, dan jurnal |
|
|
2.1
Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik dan kreatif, konsisten
dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam
memecahkan masalah sehari-hari, yang merupakan pencerminan sikap positif
dalam bermatematika 2.2
Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri dan ketertarikan pada
matematika serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika,
yang terbentuk melalui pengalaman belajar 2.3
Memiliki sikap terbuka, santun, objektif, menghargai pendapat
dan karya teman dalam interaksi kelompok
maupun aktivitas sehari-hari. |
|
|
|
|
|
3.1
Memahami sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar dalam
suatu permasalahan 3.2
Memahami operasi aljabar yang melibatkan bilangan berpangkat
bulat dan bentuk akar 4.8
Membuat dan menyelesaikan model matematika dari berbagai permasalahan
nyata |
Bilangan Berpangkat dan Bentuk Akar ·
Bilangan
Berpangkat ·
Bentuk
Akar |
Mengamati § Mencermati permasalahan sehari-hari yang
berkaitan dengan pangkat dan akar § Mencermati tentang aturan dari bilangan
berpangkat dan bentuk akar § Mencermati tentang
sifat perpangkatan dengan satu, perpangkatan dengan nol dan perpangkatan
dengan bilangan negatif § Mencermati tentang operasi aljabar yang melibatkan bilangan berpangkat bulat
dan bentuk akar Menanya § Menanya tentang penerapan bilangan
berpangkat bulat dan bentuk akar dalam kehidupan sehari-hari § Menanya tentang kelebihan dan manfaat
mengubah menjadi pangkat dan akar dari perkalian/pembagian berulang dan
generalisasi § Menanya tentang cara mengubah masalah/bahasa sehari-hari ke
dalam bentuk pangkat dan akar dan sebaliknya § Menanya tentang aturan dari bilangan
berpangkat dan bentuk akar § Menanya tentang sifat perpangkatan dengan
satu, perpangkatan dengan nol dan perpangkatan dengan bilangan negatif § Menanya tentang operasi
aljabar yang melibatkan bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar Mengumpulkan
Informasi §
Menggali
informasi tentang bentuk perpangkatan dari bentuk perkalian berulang dan
menghitung hasil berbagai perpangkatan bilangan §
Menggali
informasi tentang aturan dari bilangan berpangkat dan bentuk akar §
Menggali
informasi tentang sifat perpangkatan dengan satu, perpangkatan dengan nol dan
perpangkatan dengan bilangan negatif §
Menggali
informasi tentang penulisan hasil pengukuran yang sangat besar atau sangat
kecil dalam bentuk notasi ilmiah, untuk menuliskan masa electron, masa
bakteri, masa matahari, masa bumi dsb §
Menggali
informasi tentang bentuk akar dari bentuk pembagian berulang dan sebagai
kebalikan dari perpangkatan serta menghitung hasil berbagai penarikan akar
bilangan, dilanjutkan dengan mendefinisikan pengertian akar dan notasi
penulisannya §
Menggali
informasi tentang sifat-sifat operasi aljabar, manipulasi matematika dengan
bilangan berpangkat §
Menggali
informasi tentang hasil penarikan akar, hasil perpangkatan, notasi ilmiah,
solusi suatu masalah, prosedur penyederhanaan bentuk pangkat dan akar atau
unsur lainnya berkaitan dengan perpangkatan dan bentuk akar Menalar/Mengasosiasi § Menganalisis permasalahan sehari-hari yang
berkaitan dengan penerapan pangkat dan akar § Menganalisis batasan atau cakupan konsep
pangkat dan akar, termasuk menguji keberlakuan pangkat dan akar tertentu § Menganalisis model atau kalimat matematika
yang tepat, lengkap dan cukup berkaitan dengan masalah pangkat dan bentuk
akar, serta syarat keberlakuan modelnya § Menganalisis algoritma atau prosedur
operasi serta manipulasi matematika yang tepat dalam menyelesaikan model dari
masalah pangkat dan bentuk akar § Menganalisis solusi atau penyelesaian
masalah serta memberikan alasan kebenaran solusi berkaitan dengan masalah
pangkat dan bentuk akar §
Menganalisis
tahapan dan prosedur penyelesaian masalah pangkat dan bentuk akar Mengomunikasikan § Menyajikan secara tertulis atau lisan
hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih
perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan
apa yang dipelajari mengenai bilangan berpangka dan bentuk akar § Memberikan tanggapan
hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan
alasan, memberikan tambahan informasi,
atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya § Membuat rangkuman
materi dari kegiatan pembelajaran yang telah diilakukan |
Sikap: Observasi § Mengamati ketelitian
dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan, atau
presentasi peserta didik mengenai bilangan berpangkat dan bentuk akar Pengetahuan Penugasan § Tugas terstruktur:
mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan bilangan berpangkat dan
bentuk akar § Tugas mandiri tidak
terstruktur: mencari informasi seputar sejarah bilangan berpangkat dan bentuk
akar § Tes tertulis:
mengerjakan soal-soal berkaitan dengan bilangan berpangkat dan bentuk akar Keterampilan Portofolio Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan dengan
pangkat dan bentuk akar kemudian disusun,
didiskusikan dan direfleksikan |
25 JP |
Buku teks matematika Kelas IX Kemdikbud, Buku
Pengayaan yang berkaitan dengan bilangan berpangkat dan bentuk akar, alat peraga, lingkungan |
3.3
Menganalisis sifat-sifat fungsi kuadrat ditinjau dari koefisien
dan determinannya 4.1
Menyelesaikan permasalahan nyata yang berkaitan dengan persamaan
linear dua variabel, sistem persamaan linear dua variabel, dan atau fungsi
kuadrat |
Fungsi dan persamaan kuadrat |
Mengamati § Mencermati permasalahan
sehari-hari yang berkaitan dengan ekspresi aljabar, khususnya fungsi dan
persamaan kuadrat § Mencermati tentang sifat-sifat fungsi kuadrat Menanya § Menanya tentang penerapan fungsi dan
persamaan kuadrat dalam kehidupan sehari-hari § Menanya tentang kelebihan dan manfaat
penerapan fungsi kuadrat dalam masalah sehari-hari § Menanya tentang sifat-sifat
fungsi kuadrat Mengumpulkan
Informasi § Menggali informasi tentang contoh
kejadian, peristiwa, situasi atau fenomena alam dan aktifitas sosial
sehari-hari yang berkaitan dengan fungsi kuadrat § Menggali informasi tentang ciri dan sifat
dari variabel, koefisien, konstata dan derajat dari suatu fungsi kuadrat, dan
menggambarkan sketsa serta mendeskripsikan bentuk grafik dan titik puncaknya § Menggali informasi tentang sifat-sifat fungsi kuadrat ditinjau dari koefisien dan determinannya § Menggali informasi tentang manipulasi
matematika tertentu untuk menyederhanakan atau mengubah fungsi kuadrat ke
bentuk kuadrat sempurna § Menggali informasi tentang cara menemukan
rumus sumbu simetri dan diskriminan dari fungsi kuadrat, dilanjutkan dengan
menggambar dan menjelaskan karakteristik berbagai sketsa grafik fungsi
kuadrat untuk berbagai nilai koefisien dan diskriminan § Menggali informasi tentang nilai fungsi
kuadrat, titik potong dengan sumbu koordinat, sumbu simetri, titik puncak,
koefisien dan diskriminan, sifat-sifat dan sketsa grafik, ataupun unsur
lainnya berkaitan dengan fungsi kuadrat Menalar/Mengasosiasi § Menganalisis permasalahan sehari-hari yang
berkaitan dengan fungsi kuadrat § Menganalisis perbedaan fungsi dan
persamaan kuadrat melalui contoh kejadian, peristiwa, situasi atau fenomena
alam dan aktifitas sosial sehari-hari § Menganalisis unsur-unsur kurva fungsi
kuadrat dari perilaku grafiknya apabila digeser ke atas, ke bawah, ke kiri
dan ke kanan § Menganalisis sifat-sifat fungsi kuadrat ditinjau dari koefisien dan determinannya § Menganalisis model atau kalimat matematika
yang tepat, lengkap dan cukup berdasarkan masalah fungsi kuadrat, serta
syarat keberlakuan modelnya § Menganalisis algoritma atau prosedur
operasi serta manipulasi matematika yang tepat dalam menyelesaikan model dari
masalah berkaitan fungsi kuadrat § Menganalisis solusi atau penyelesaian
masalah serta memberikan alasan kebenaran solusi berkaitan dengan fungsi kuadrat Mengomunikasikan § Menyajikan secara tertulis atau lisan
hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang
masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan
berdasarkan apa yang dipelajari mengenai fungsi dan persamaan kuadrat § Memberikan tanggapan
hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan
alasan, memberikan tambahan informasi,
atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya § Membuat rangkuman
materi dari kegiatan pembelajaran yang telah diilakukan |
Sikap: Observasi § Mengamati ketelitian
dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan, atau
presentasi peserta didik mengenai
fungsi dan persamaan kuadrat Pengetahuan: Penugasan § Tugas terstruktur:
mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan fungsi dan persamaan
kuadrat § Tugas mandiri tidak
terstruktur: mencari informasi seputar sejarah fungsi dan persamaan kuadrat,
serta penggunaanya dalam kehidupan sehari-hari § Tes tertulis
mengerjakan soal-soal berkaitan dengan fungsi dan persamaan kuadrat Keterampilan: § Portofolio Mengumpulkan bahan dan
literatur berkaitan dengan fungsi, persamaan kuadrat dan penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari kemudian disusun,
didiskusikan dan direfleksikan |
10 JP |
Buku teks matematika Kelas IX Kemdikbud, Buku
Pengayaan yang berkaitan fungsi dan persamaan kuadrat, alat peraga, benda di lingkungan, benda
berbentuk parabola |
3.4
Memahami perbandingan bertingkat dan persentase, serta
mendeskripsikan permasalahan menggunakan tabel, grafik, dan persamaan 4.2
Menggunakan konsep perbandingan untuk menyelesaikan masalah
nyata mencakup perbandingan bertingkat dan persentase dengan menggunakan
tabel, grafik, dan persamaan 4.3
Menyelesaikan permasalahan dengan menaksir besaran yang tidak
diketahui menggunakan berbagai modifikasi aljabar dan aritmetika |
Perbandingan bertingkat Persentase |
Mengamati § Mencermati permasalahan sehari-hari yang
berkaitan dengan perbandingan bertingkat dan persentase § Mencermati tentang perbandingan
bertingkat dan persentase Menanya § Menanya tentang penerapan perbandingan
bertingkat dan persentase dalam kehidupan sehari-hari § Menanya tentang kelebihan dan manfaat
mengenal masalah sehari-hari yang bersifat fungsional, tidak fungsional,
bagaimana mengubah masalah/bahasa sehari-hari ke dalam bentuk perbandingan
dan sebaliknya § Menanya tentang perbandingan
bertingkat dan persentase Mengumpulkan
Informasi § Menggali informasi tentang pecahan biasa,
pembilang, penyebut dan representasinya ke dalam berbagai bentuk gambar,
serta kaitan dan penulisannya dalam bentuk rasio, perbandingan atau proporsi § Menggali informasi tentang strategi
mengubah suatu perbandingan ke dalam bentuk nilai perbandingan bulat paling
sederhana § Menggali informasi tentang nilai
perbandingan bertingkat atau persentase dari kuantitas benda dengan kuantitas
benda lainnya dalam suatu kumpulan benda, atau suatu ukuran/besaran dengan
ukuran/besaran lainnya di bidang aritmetika social, pengukuran (geometri,
sains) dan masalah lainnya §
Menggali
informasi tentang ciri atau karakteristik serta menentukan nilai perbandingan
yang bersifat seharga/linear atau berbalik nilai/tidak senlai dari dua
besaran yang memiliki hubungan fungsional dan disajikan dalam bentuk tabel,
grafik dan persamaan § Menggali informasi tentang nilai
perbandingan, kuantitas benda tertentu, ataupun kuantitas keseluruhan benda,
tabel, grafik dan persamaan, termasuk penerapannya di bidang aritmetika
social, pengukuran (geometri, sains) dan masalah lainnya berkaitan dengan
perbandingan Menalar/Mengasosiasi § Menganalisis sehari-hari yang berkaitan
dengan penerapan perbandingan § Menganalisis perbandingan senilai, tidak
senilai, berbanding lurus, terbalik atau lainnya melalui contoh kejadian,
peristiwa, situasi atau fenomena alam dan aktifitas sosial sehari-hari § Menganalisis unsur-unsur, besaran atau
karakteristik grafik terkait dengan masalah perbandingan § Menganalisis informasi yang relevan
berkaitan dengan masalah perbandingan/rasio/proporsi dengan merepresentasikan
secara matematis, melalui model, diagram, tabel, grafik atau persamaan § Menganalisis model atau kalimat matematika
yang tepat, lengkap dan cukup berkaitan dengan masalah
perbandingan/rasio/proporsi, serta syarat keberlakuan modelnya § Menganalisis algoritma atau prosedur
operasi serta manipulasi matematika yang tepat dalam menyelesaikan model dari
masalah perbandingan/rasio/proporsi § Menganalisis solusi dan penyelesaian
masalah serta memberikan alasan kebenaran solusiberkaitan dengan masalah
perbandingan/rasio/proporsi § Menganalisis tahapan dan prosedur
penyelesaian masalah perbandingan/rasio/proporsi § Menganalisis ciri dan karakteristik
masalah hubungan dua besaran yang bersifat fungsional ke dalam bahasa
sendiri, diagram, pasangan nilai, tabel, atau grafik/gambar yang lebih
sederhana, jelas dan lengkap § Menganalisis perbandingan bertingkat atau
persentase dari kuantitas benda dengan kuantitas benda lainnya dalam suatu
kumpulan benda, atau suatu ukuran/besaran dengan ukuran/besaran lainnya di
bidang aritmetika social, pengukuran (geometri, sains) dan masalah lainnya Mengomunikasikan § Menyajikan secara tertulis atau lisan
hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang
masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan
berdasarkan apa yang dipelajari mengenai perbandingan bertingkat dan
persentase § Memberikan tanggapan
hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan
alasan, memberikan tambahan informasi,
atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya § Membuat rangkuman
materi dari kegiatan pembelajaran yang telah diilakukan |
Sikap: Observasi § Mengamati ketelitian
dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan, atau
presentasi peserta didik mengenai
perbandingan bertigkat dan persentase Pengetahuan: Penugasan § Tugas terstruktur:
mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan perbandingan § Tugas mandiri tidak
terstruktur: mencari informasi seputar perbandingan dan penggunaannya § Tes tertulis
mengerjakan soal-soal berkaitan dengan perbandingan bertingkat dan persentase Keterampilan: § Portofolio Mengumpulkan bahan dan
literatur berkaitan dengan perbandingan dan penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari kemudian disusun,
didiskusikan dan direfleksikan |
10 JP |
Buku teks matematika Kelas IX Kemdikbud, Buku
Pengayaan yang berkaitan dengan perbandingan,
alat peraga, peta, lingkungan |
3.5
Menentukan orientasi dan lokasi benda dalam koordinat Cartesius
serta menentukan posisi relatif
terhadap acuan tertentu |
Koordinat Cartesius |
Mengamati § Mencermati permasalahan sehari-hari yang
berkaitan dengan penggunaan sistem koordinat § Mencermati tentang lokasi
benda dalam koordinat Cartesius § Mencermati posisi relatif terhadap acuan
tertentu Menanya § Menanya tentang penerapan koordinat
kartesius dalam kehidupan sehari-hari § Menanya tentang posisi letak objek atau
tempat yang sifatnya relative, serta manfaat dalam kehidupan, dsb § Menanya tentang kelebihan dan manfaat
penentuan letak objek dalam denah, peta sederhana, bagaimana implementasinya
pada kehidupan sehari-hari dengan menerapkan sistem koordinat 1 dimensi, 2
dimensi, 3 dimensi, dsb. § Menanya tentang lokasi
benda dalam koordinat Cartesius § Menanya tentang posisi relatif terhadap
acuan tertentu Mengumpulkan
Informasi § Menggali informasi tentang contoh
kedudukan suatu titik dan bangun datar serta menggambarkannya dalam sistem
koordinat Cartesius § Menggali informasi tentang letak atau
jarak suatu tempat pada denah/peta manual atau peta digital untuk menentukan
arah dan ukuran sebenarnya benda, posisi atau jarak suatu tempat dalam sistem
koordinat §
Menggali
informasi tentang deskripsi denah/peta posisi dan arah dari suatu benda dan
letak suatu tempat pada sistem koordinat dengan skala yang sesuai § Menggali informasi tentang denah/peta
kontur sederhana secara manual atau digital untuk menentukan arah, ukuran,
posisi, jarak dan ketinggian suatu daerah dalam sistem koordinat Menalar/Mengasosiasi § Menganalisis permasalahan sehari-hari yang
berkaitan dengan sistem koordinat § Menganalisis cara memposisikan letak
objek, benda atau tempat (sistem koordinat Carterius, polar/kutub secara
sederhana) melalui contoh kejadian, peristiwa, situasi atau fenomena alam dan
aktifitas sosial sehari-hari § Menganalisis unsur-unsur atau komponen
yang diperlukan dalam sistem pemposisian objek atau tempat dari suatu peta,
denah, globe, atau atlas (misal mengapa perlu skala, arah, keterangan, judul,
simbol termasuk untuk kontur) Mengomunikasikan § Menyajikan secara
tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari,
keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau
konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai koordinat
kartesius § Memberikan tanggapan
hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan
alasan, memberikan tambahan informasi,
atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya § Membuat rangkuman
materi dari kegiatan pembelajaran yang telah diilakukan |
Sikap: Observasi § Mengamati ketelitian
dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan, atau
presentasi peserta didik mengenai
lokasi benda dalam koordinat kartesius Pengetahuan: Penugasan § Tugas terstruktur:
mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan koordinat cartesius § Tugas mandiri tidak
terstruktur: mencari informasi seputar sejarah koordinat cartesius Tes
tertulis: mengerjakan soal-soal berkaitan dengan koordinat cartesius Keterampilan Portofolio Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan dengan
koordinat cartesius dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari kemudian
disusun, didiskusikan dan
direfleksikan |
10 JP |
Buku teks matematika Kelas IX Kemdikbud, Buku
Pengayaan yang berkaitan dengan koordinat kartesius, alat peraga, benda di lingkungan Alat peraga koordinat |
3.6
Memahami konsep kesebangunan dan kekongruenan geometri melalui
pengamatan 4.5
Menyelesaikan permasalahan nyata hasil pengamatan yang terkait
penerapan kesebangunan dan kekongruenan |
Kesebangunan dan Kekongruenan |
Mengamati § Mencermati permasalahan sehari-hari yang berkaitan
dengan relasi bangun-bangun datar dan bangun ruang § Mencermati tentang kesebangunan
dan kekongruenan geometri Menanya § Menanya tentang penerapan kesebangunan dan
kekongruenan dalam kehidupan sehari-hari § Menanya tentang tingkat estetik, ergonomis,
dan efektifitas dari berbagai benda di sekeliling yang bersifat sebangun atau
kongruen, misal: model rumah, kavling, dsb § Menanya tentang berbagai aspek relasi
bangun datar dan bangun ruang, misal: apa kelebihan dan manfaat mengubah
sebangun dan kongruensi, bagaimana mengubah masalah/bahasa sehari-hari ke
dapat diselesaikan dengan menggunakan konsep sebangun atau kongruen dan
sebaliknya § Menanya tentang konsep
kesebangunan dan kekongruenan geometri Mengumpulkan
Informasi §
Menggali
informasi tentang persamaan dan perbedaan permukaan benda-benda dan gambar
atau kejadian yang memiliki bentuk sama §
Menggali
informasi tentang sifat, ciri dan persamaan dan perbedaan benda dengan
permukaan yang sebangun dan kongruen berdasarkan hasil pengamatan §
Menggali
informasi tentang cara membuat model, menggambar atau melukis bangun-bangun
datar sebangun dan kongruen dengan berbagai cara dan posisi §
Menggali
informasi tentang cara menggambar bangun datar yang sebangun dan kongruen
dengan bangun lain §
Menggali
informasi tentang sisi, sudut, dan ukurannya, atau unsur lainnya berkaitan
dengan kesebangunan § Menggali informasi yang relevan berkaitan
dengan masalah kesebangunan dan kongruen dengan merepresentasikan secara
matematis, melalui model atau melalui diagram § Menggali informasi tentang model atau
kalimat matematika yang tepat, lengkap dan cukup berdasarkan masalah
kesebangunan dan kongruen § Menggali informasi tentang algoritma atau
prosedur operasi serta manipulasi matematika yang tepat dalam menyelesaikan
model dari masalah berkaitan kesebangunan dan kongruen §
Menggali
informasi tentang solusi atau penyelesaian masalah serta memberikan alasan
kebenaran solusi berkaitan dengan kesebangunan dan kongruen Menalar/Mengasosiasi § Menganalisis
permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan penerapan konsep sebangun dan
yang bukan konsep sebangun § Menganalisis perbedaan
sebangun dan kongruen melalui sifat atau definisi matematika § Menggali informasi
tentang unsur-unsur atau komponen dari masalah kesebangunan dengan bantuan diagram/ilustrasi Mengomunikasikan § Menyajikan secara
tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari,
keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau
konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai
kesebangunan dan kekongruenan § Memberikan tanggapan
hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan
alasan, memberikan tambahan informasi,
atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya § Membuat rangkuman
materi dari kegiatan pembelajaran yang telah diilakukan |
Sikap: Observasi § Mengamati ketelitian
dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan, atau
presentasi peserta didik mengenai
kesebangunan dan kekongruenan Pengetahuan: Penugasan § Tugas terstruktur:
mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan kesebangunan dan
kekongruenan § Tugas mandiri tidak
terstruktur: mencari informasi seputar kesebangunan dan kekongruenan serta
penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari § Tes tertulis
mengerjakan soal-soal berkaitan dengan kesebangunan dan kekongruenan Keterampilan: § Portofolio Mengumpulkan bahan dan
literatur berkaitan dengan kesebangunan, kekongruenan dan penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari kemudian disusun,
didiskusikan dan direfleksikan |
25 JP |
Buku teks matematika Kelas IX Kemdikbud, Buku
Pengayaan yang berkaitan dengan kesebangunan dan kekongruenan, alat peraga, benda-benda di lingkungan yang sebangun |
3.7
Menentukan luas selimut
dan volume tabung, kerucut, dan bola 3.8
Menaksir dan mengitung luas permukaan bangun datar dan bangun
ruang yang tidak beraturan dengan menerapkan kombinasi geometri dasarnya |
Bangun Ruang §
Tabung §
Kerucut §
Bola §
Luas
Tabung §
Luas
Kerucut §
Luas
Bola §
Volume
Tabung §
Volume
Kerucut §
Volume
Bola |
Mengamati § Mencermati permasalahan
sehari-hari yang berkaitan dengan luas dan volume bangun ruang sisi lengkung
(tabung, kerucut, dan bola) dan bangun ruang tidak beraturan § Mencermati tentang luas
selimut dan volume tabung, kerucut, dan bola Menanya § Menanya tentang
penerapan luas dan volume tabung, kerucut, dan bola dalam kehidupan
sehari-hari § Menanya tentang cara
menghitung, menemukan, dan menaksir luas dan volume berbagai benda di
sekeliling melalui percobaan § Menanya tentang cara
menentukan luas selimut dan volume tabung, kerucut, dan bola Mengumpulkan
Informasi § Menggali informasi
tentang jaring-jaring tabung, kerucut, dan bola (yang tertutup atau tanpa
tutup beberapa bagian) § Menggali informasi
tentang luas permukaan serta volume tabung, kerucut, dan bola atau
berdasarkan konep luas dan volume bangun prisma dan limas. §
Menggali
informasi tentang luas, volume ataupun unsur lainnya yang berkaitan dengan
tabung, kerucut, dan bola § Menggali informasi
tentang sketsa bangun ruang beraturan atau bangun geometri dasar yang
memiliki kesamaan atau kemiripan ukuran dengan bangun ruang tidak beraturan
(bersisi lengkung ataupun yang tidak lengkung) § Menggali informasi
tentang strategi menghitung luas dan volume bangun geometri dasar sebagai
cara untuk menaksir luas dan volume bangun ruang tidak beraturan sisi lengkung/
tidak lengkung §
Menggali
informasi tentang luas, volume ataupun unsur lainnya yang berkaitan dengan
bangun ruang tidak beraturan bersisi lengkung ataupun yang tidak lengkung Menalar/Mengasosiasi § Menganalisis
permasalahan sehari-hari yang berkaitan
dengan luas dan volume tabung,
kerucut, dan bola § Menganalisis rumus luas dan volume bangun
datar dan bangun ruang sederhana serta untuk menaksir bangun-bangun tidak
beraturan melalui contoh kejadian, peristiwa, situasi atau fenomena alam dan
aktifitas sosial sehari-hari § Menggali informasi
tentang unsur-unsur rumus luas dan volume serta perilaku hubungan
fungisionalnya Mengomunikasikan § Menyajikan secara
tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari,
keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau
konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai luas
permukaan dan volume tabung, kerucut, serta bola § Memberikan tanggapan
hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan, memberikan tambahan informasi, atau
melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya § Membuat rangkuman
materi dari kegiatan pembelajaran yang telah diilakukan |
Sikap: § Mengamati ketelitian
dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan, atau
presentasi peserta didik mengenai
bangun ruang sisi lengkung Pengetahuan: Penugasan § Tugas terstruktur:
mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan bangun ruang sisi
lengkung(tabung, kerucut, dan bola) tugas mandiri tidak terstruktur: mencari
informasi seputar bangun ruang sisi lengkung dan penggunaannya dalam
kehidupan sehari-hari § Tes tertulis
mengerjakan soal-soal berkaitan dengan bangun ruang (tabung, kerucut, dan
bola) Keterampilan: Portofolio Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan dengan
bangun ruang sisi lengkung (tabung, kerucut, dan bola) dan penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari kemudian disusun,
didiskusikan dan direfleksikan |
30 JP |
Buku teks matematika Kelas IX Kemdikbud, Buku
Pengayaan yang berkaitan dengan bangun ruang sisi lengkung, alat peraga, benda-benda lingkungan yang
berbentuk tabung, kerucut, dan bola |
3.11
Menentukan nilai rata-rata, median, dan modus dari berbagai
jenis data 3.12
Memahami teknik penyajian
data dari dua variabel menggunakan tabel dan berbagai jenis grafik masalah
nyata serta menentukan hubungan antar variabel untuk mengambil kesimpulan 4.6
Mengumpulkan, mengolah, menginterpretasi, dan menampilkan data
hasil pengamatan dalam bentuk tabel dan berbagai grafik serta
mengidentifikasi hubungan antar variabel serta mengambil kesimpulan |
Statistika Penyebaran data (rata-rata, median, dan modus) |
Mengamati § Mencermati permasalahan sehari-hari yang
berkaitan dengan data, penyebaran data, dan penyajian data § Mencermati tentang penyajian
data dari dua variabel menggunakan tabel dan berbagai jenis grafik § Mencermati tentang cara mengolah,
menginterpretasi, dan menampilkan data Menanya § Menanya tentang
penerapan penyebaran dan penyajian data dalam kehidupan sehari-hari § Menanya tentang cara
mengumpulkan, menata dan menyajikan data dari yang sederhana (membuat daftar
kebutuhan dan realisasi belanja, dsb) sampai kompleks (melakukan survei
kebutuhan pangan secara nasional menggunakan instrumen kuesioner, mengentri
dan mengolah dengan perangkat komputer dan menyajikan pada berbagai bentuk
tampilan, dsb) § Menanya tentang
kelebihan dan manfaat data untuk memberi tafsiran dan menetapkan sesuatu.
Misal: strategi pemenangan PEMILU berdasarkan data § Menanya tentang cara mengolah, menginterpretasi, dan menampilkan data hasil
pengamatan § Menanya
tentang cara menentukan nilai rata-rata, median, dan modus dari berbagai
jenis data Mengumpulkan
Informasi § Menggali informasi tentang ukuran
pemusatan data menggunakan statistik tertentu: rata-rata, median, modus,
serta memberikan persamaan dan perbedaan arti statistic-statistik tersebut
melalui contoh dari berbagai jenis data atau kelompok data §
Membahas
dan berdiskusi untuk merumuskan berbagai alternative keputusan, saran dan
mengambil atau menetapkan keputusan berdasar hasil analisis kecenderungan
datanya, serta mendeskripsikan dampak yang mungkin terjadi dari keputusan
yang dipilih dan opsi atau pilihan penyelesaiannya § Menggali informasi
tentang penataan data dalam bentuk tabel baris-kolom, kontingensi, distribusi
frekuensi, atau berbagai jenis grafik sesuai karakteristik data, secara
manual dan dengan bantuan computer § Menggali informasi
tentang cara mengorganisasi data dan memilih jenis statistic yang relevan
berkaitan dengan masalah yang berkaitan dengan penataan data § Menggali informasi
tentang sifat, kelebihan, dan alasan dalam memilih jenis penataan data § Menggali informasi
tentang hubungan antar variable pada data yang bersifat korelasi,
regresi/hubungan fungsional, dan trend/deret waktu §
Menggali
informasi tentang penyajian data bentuk tabel (baris-kolom, kontingensi,
distribusi frekuensi), berbagai jenis grafik, hubungan antar variable atau
unsur lainnya secara manual dan dengan bantuan computer berkaitan dengan
penataan data § Menggali informasi
tentang konsep populasi, ruang sample, dan titik sample/anggota/kejadian
melalui contoh dan percobaan § Menggali informasi
tentang pelaporan hasil pengamatan, pengukuran atau pekerjaan lainnya secara
apa adanya sesuai kapasitas disertai penjelasan, bukti, atau bentuk tindakan
lainnya bahwa pekerjaan telah dilaksanakan dengan sungguh-sungguh, sbb: §
Menggali
informasi tentang aturan dan strategi pencacahan atau cara memasang
benda/objek dengan benda/objek lainnya dengan jumlah dan jenis tertentu
secara sederhana melalui contoh dan mencoba-coba, serta menentukan ruang
samplenya misal: kombinasi plat nomor mobil, dsb § Menggali informasi
tentang cara merancang dan menyusun alat pengumpul data untuk mengukur atau
mencacah data, yang dapat berupa panduan wawancara, alat ukur atau pencacah,
formulir isian/kuesioner, dsb memilih
cakupan dan jenis data yang akan dicacah, diamati atau untuk diukur § Menggali informasi
tentang cara mencacah atau mengukur objek data, mengumpulkan, dan merekam
atau mencatat data, dilanjutkan dengan menata, mengolah data serta menyajikan
dalam bentuk tabel (baris-kolom, kontingensi, distribusi frekuensi), grafik
batang, diagram lingkaran, dan grafik garis, secara manual atau dengan
bantuan computer § Menggali informasi
tentang interpretasi secara sederhana sajian data menggunakan statistic
tertentu untuk menafsirkan
kecenderungan data, persebaran data, tingkat hubungan antar variable
(korelasi, trend, dan regresi sederhana) ataupun ukuran lainnya, dilanjutkan
dengan membandingkan dan menafsirkan statistik dari dua kelompok data sejenis §
Menggali
informasi tentang pengambilan keputusan berdasar hasil analisis data yang
telah dilakukan, serta mendeskripsikan dampak yang mungkin terjadi dari
keputusan yang dipilih dan opsi atau pilihan penyelesaiannya § Menggali informasi
tentang organisasi data dan pemilihan informasi yang relevan berkaitan dengan
masalah peluang dengan merepresentasikan secara matematis, melalui model atau
melalui diagram Menalar/Mengasosiasi § Menganalisis
permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan penyebaran dan penyajian data § Menganalisis perbedaan
arti statistik dari dua kelompok data sejenis melalui contoh kejadian,
peristiwa, situasi atau fenomena alam dan aktifitas sosial sehari-hari § Menganalisis
unsur-unsur statistik dan hubungan antar variabel data sebagai dasar untuk
mengambil keputusan, beserta alasannya Mengomunikasikan § Menyajikan secara
tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari,
keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau
konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai
penyebaran data (rata-rata, median, dan modus) dan penafsiran data § Memberikan tanggapan
hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan
alasan, memberikan tambahan informasi,
atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya § Membuat rangkuman
materi dari kegiatan pembelajaran yang telah diilakukan |
Sikap: Observasi § Mengamati ketelitian
dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan, atau
presentasi peserta didik mengenai
penyebaran dan penyajian data Pengetahuan: Penugasan § Tugas terstruktur:
mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan statistika khususnya
tentang mean, median, modus § Tugas mandiri tidak
terstruktur: mencari data kemudian mengolah, menginterpretasi, dan menampilkan
data. § Tes tertulis:
mengerjakan soal-soal berkaitan dengan penyebaran data tentang mean, median,
modus, dan pengolahan data Keterampilan: §
Portofolio Mengumpulkan bahan dan
literatur berkaitan dengan statistika dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
kemudian disusun, didiskusikan dan
direfleksikan |
15 JP |
Buku teks matematika Kelas IX Kemdikbud, Buku
Pengayaan yang berkaitan dengan penyebaran data, koran, majalahh, komputer, alat peraga
lainnya, lingkungan |
3.9
Menentukan peluang suatu kejadian sederhana secara empirik dan teoritik 3.13
Memahami konsep ruang sampel dan menentukan anggota melalui
percobaan 4.7
Menerapkan prinsip-prinsip peluang untuk menyelesaikan masalah
nyata |
Peluang Empirik Peluang Teoritik |
Mengamati § Mencermati permasalahan sehari-hari yang
berkaitan dengan peluang § Mencermati tentang peluang
suatu kejadian sederhana secara
empirik dan teoritik § Mencermati tentang ruang sampel dan
menentukan anggota melalui percobaan Menanya § Menanya tentang
penerapan peluang empirik dan peluang teoritik dalam kehidupan sehari-hari § Menanya tentang peluang
suatu kejadian sederhana secara
empirik dan teoritik § Menanya tentang konsep ruang sampel dan
menentukan anggota melalui percobaan Mengumpulkan
Informasi § Menggali informasi
tentang sifat atau karakteristik kejadian acak atau random, independen,
saling lepas, atau bersyarat serta berbagai factor yang menyebabkan kejadian
bersifat tidak acak, tidak independen, atau tidak saling lepas § Menggali informasi
tentang probabilitas atau peluang empiric, menjelaskan melalui contoh untuk
merumuskan konsep peluang secara teoritik, serta membentuk diagram pohon,
tabulasi/tabel, dan pendaftaran untuk merumuskan dan menafsirkan sifat
peluang §
Menggali
informasi tentang peluang kejadian acak, peluang kejadian yang dipengaruhi
faktor-faktor kualitatif, pengalaman dengan situasi yang serupa atau intuisi §
Menggali
informasi tentang peluang kejadian independen dan bersyarat secara sederhana §
Menggali
informasi tentang aturan dan strategi pencacahan atau cara memasang
benda/objek dengan benda/objek lainnya dengan jumlah dan jenis tertentu
secara sederhana melalui contoh dan mencoba-coba, serta menentukan ruang
samplenya misal: kombinasi plat nomor mobil, dsb § Menggali informasi
tentang cara membuat atau merumuskan model atau kalimat matematika yang
tepat, lengkap dan cukup berdasarkan masalah peluang § Menggali informasi
tentang cara memilih algoritma atau
prosedur operasi serta manipulasi matematika yang tepat dalam menyelesaikan
model dari masalah berkaitan peluang § Menggali informasi
tentang cara menafsirkan solusi atau
penyelesaian masalah serta memberikan alasan kebenaran solusi berkaitan
dengan peluang Menalar/Mengasosiasi § Menganalisis
permasalahan sehari-hari sehari-hari yang berkaitan dengan peluang empirik dan
peluang teoritik § Menganalisis secara
sederhana kejadian yang bersifat acak, tidak acak, independen, tidak
independen, saling lepas, tidak saling lepas serta mengidentifikasi berbagai
faktor yang mempengaruhi melalui contoh § Menganalisis peluang suatu kejadian
sederhana secara empirik dan teoritik Mengomunikasikan § Menyajikan secara
tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari,
keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau
konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai peluang
empirik dan peluang teoritik § Memberikan tanggapan
hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan
alasan, memberikan tambahan informasi,
atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya § Membuat rangkuman
materi dari kegiatan pembelajaran yang telah diilakukan |
Sikap: Observasi § Mengamati ketelitian
dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan, atau
presentasi peserta didik mengenai
peluang empirik dan peluang teoritik Pengetahuan Penugasan § Tugas terstruktur
mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan peluang terutama tentang
peluang empirik dan teoritik § Tugas mandiri tidak
terstruktur: mencari informasi seputar sejarah tentang peluang empirik dan
teoritik § Tes tertulis:
mengerjakan soal-soal berkaitan dengan peluang empirik dan teoritik Keterampilan: §
Portofolio Mengumpulkan bahan dan
literatur berkaitan dengan peluang dan penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari kemudian disusun,
didiskusikan dan direfleksikan |
10 JP |
Buku teks matematika Kelas IX Kemdikbud, Buku
Pengayaan yang berkaitan peluang,
dadu, koin, kartu, alat peraga lainnya , lingkungan |
3.10
Menerapkan pola dan generalisasi untuk membuat prediksi 3.14
Memilih strategi dan aturan-aturan yang sesuai untuk memecahkan
suatu permasalahan 4.4
Mengenal pola bilangan, barisan, deret, dan semacam, dan
memperumumnya; menggunakan untuk menyelesaikan masalah nyata serta menemukan
masalah baru |
Pola Bilangan, Barisan dan Deret |
Mengamati § Mencermati permasalahan
sehari-hari yang berkaitan dengan pola, barisan dan deret § Mencermati pola bilangan, barisan, deret serta memperumumnya; § Mencermati pola dan generalisasi untuk membuat prediksi Menanya § Menanya tentang
penerapan pola dalam kehidupan sehari-hari § Menanya tentang penggunaan
pola untuk memprediksi kejadian, aktifitas sehari-hari, maupun aktifitas
sosial lainnya § Menanya tentang
kelebihan dan manfaat penggunaan pola untuk memprediksi § Menanya tentang pola bilangan, barisan, deret dan cara memperumumnya; Mengumpulkan
Informasi § Menggali informasi
tentang permasalahan sehari-hari yang memiliki pola tertentu, serta memberi
alasan dari ciri, sifat atau karakteristik pola tersebut § Menggali informasi
tentang cara, strategi, metode untuk membuat generalisasi beberapa sifat
dalam matematika melalui pendekatan percobaan, pengamatan pola, atau secara
deduktif sederhana § Menggali informasi
tentang pola, barisan dan deret melalui contoh dari pola/barisan bilangan,
geometris, ataupun fenomena lainnya,
serta strategi untuk melakukan prediksi dalam menentukan polanya § Menggali informasi
tentang pola bilangan, pola geometris, dan fenomena sehari-hari serta membuat
generalisasi untuk merumuskan masalah baru/lainnya § Menggali informasi
tentang organisasi data dan memilih informasi yang relevan berkaitan dengan
masalah pola bilangan, pola geometris, dan fenomena sehari-hari dengan
merepresentasikan secara matematis, melalui model atau melalui diagram § Menggali informasi
tentang cara memilih algoritma atau prosedur operasi serta manipulasi
matematika yang tepat dalam menyelesaikan model dari masalah pola bilangan,
pola geometris, dan fenomena sehari-hari § Menggali informasi
tentang cara memperumum pola bilangan, barisan,
deret Menalar/Mengasosiasi § Menganalisis permasalahan sehari-hari yang berkaitan
dengan pola, barisan, dan deret § Menganalisis perbedaan
pola, barisan dan deret melalui contoh kejadian, peristiwa, situasi atau
fenomena alam dan aktifitas sosial sehari-hari, maupun dalam matematika § Menganalisis cara-cara
menyatakan pola, barisan dan deret § Menanalisis cara
memprediksi menggunakan pola dan generalisasi Mengomunikasikan § Menyajikan secara
tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari,
keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau
konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai pola
bilangan, barisan, dan deret § Memberikan tanggapan
hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan
alasan, memberikan tambahan informasi,
atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya § Membuat rangkuman
materi dari kegiatan pembelajaran yang telah diilakukan |
Sikap: Observasi Mengamati ketelitian dan rasa ingin tahu dalam
mengerjakan tugas, menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik
mengenai pola bilangan, barisan, dan
deret Pengetahuan: Penugasan § Tugas terstruktur:
mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan pola bilangan, barisan
dan deret § Tugas mandiri tidak
terstruktur: mencari informasi penggunaan pola bilangan, barisan dan deret
dalam kehidupan sehari-hari § Tes tertulis:
mengerjakan soal-soal berkaitan dengan pola bilangan, barisan, dan deret Keterampilan: § Portofolio Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan
dengan pola bilangan, barisan, deret,
dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari kemudian disusun, didiskusikan dan direfleksikan |
15 JP |
Buku teks matematika Kelas IX Kemdikbud, Buku
Pengayaan yang berkaitan dengan pola barisan dan deret, korek api, lidi, alat peraga lainnya,
lingkungan |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar